METODE PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA KITAB GUNDUL DI MADRASAH DINIYAH SALAFIYYAH IV AL MUNAWWIR KRAPYAK

Ma’ruf Nugroho, NIM.: 20104010078 (2025) METODE PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA KITAB GUNDUL DI MADRASAH DINIYAH SALAFIYYAH IV AL MUNAWWIR KRAPYAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA KITAB GUNDUL DI MADRASAH DINIYAH SALAFIYYAH IV AL MUNAWWIR KRAPYAK)
20104010078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA KITAB GUNDUL DI MADRASAH DINIYAH SALAFIYYAH IV AL MUNAWWIR KRAPYAK)
20104010078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan santri madrasah diniyah salafiyyah IV dalam membaca dan memahami kitab gundul. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurang pemahaman nahwu shorof, minimnya minat belajar, dan metode pembelajaran yang kurang efektif. Tujuan ditulisnya penelitian ini adalah untuk menunjukkan metode pembelajaran sorogan, menjelaskan pelaksanaan metode sorogan, menganalisis kualitas membaca kitab gundul santri, serta menerangkan kelebihan dan kekurangan metode tersebut di Madrasah Diniyah Salafiyyah IV Al Munawwir Krapyak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Memiliki subyek kepala madrasah, asatidz bidang kurikulum, dan beberapa santri yang di pilih melalui purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan Validitas data diuji menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan metode sorogan di madrasah ini sesuai dengan pedoman kurikulum dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca kitab gundul santri. Proses pembelajaran yang terstruktur dan sistematis, dengan bimbingan rutin dari ustadz, telah menghasilkan peningkatan dalam kemampuan membaca, memahami, dan menerjemahkan kitab gundul. Evaluasi berkala menunjukkan variasi dalam kualitas bacaan antar santri, namun metode sorogan secara umum berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas bacaan. 2) Kualitas membaca kitab gundul santri melalui metode sorogan cukup baik dan mengalami peningkatan termasuk peningkatan aktivitas partisipasi santri, kemandirian dalam belajar, dan interaksi langsung dengan guru, yang memperdalam pemahaman materi. 3) Kelebihan metode sorogan di Madrasah Diniyah Salafiyyah IV Al Munawwir Krapyak adalah melibatkan santri menjadi lebih aktif, partisipatif dan mandiri. Metode ini berdampak positif dalam meningkatkan kualitas membaca kitab gundul, meskipun terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan untuk perbaikan lebih lanjut seperti waktu pelaksanaan yang terbatas, efisiensi waktu, serta minim variasi dalam perkembangan kemampuan baca kitab oleh santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: metode sorogan; Kitab Gundul; Madrasah Diniyah; metode pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Madrasah Diniyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 May 2025 09:26
Last Modified: 05 May 2025 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70947

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum