Nining Surya Ningsih, NIM.: 23204081001 (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN TARL (TEACHING AT THE RIGHT LEVEL) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN TARL (TEACHING AT THE RIGHT LEVEL) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA SLEMAN)
23204081001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN TARL (TEACHING AT THE RIGHT LEVEL) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL HUDA SLEMAN)
23204081001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Sleman dengan tujuan ingin mengetahui implementasi pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam rangka meningkatkan literasi membaca di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda. Bagaimana langkah-langkah pendekatan TaRL di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda dan apa saja faktor pendukung, penghambat pendekatan TaRL saat diimplementasikan. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif, penelitian yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda dengan partisipasi guru dan siswa kelas 1C. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi terstruktur dan tidak terstruktur, wawancara, dokumentasi kemudian data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi pendekatan TaRL dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dan literasi membacanya. Proses pendekatan TaRL cukup mudah diimplementasikan, proses pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan membaca dengan pendekatan TaRL terbukti efektif. Hal ini terlihat dari partisipasi aktif guru serta respon positif siswa terhadap pendekatan ini. Dengan metode ini, siswa dapat belajar membaca pada level yang sesuai dengan kemampuan mereka. Faktor pendukung dan penghambat pendekatan TaRL di MI Al-Huda Sleman dukungan dari kepala sekolah, keterlibatan guru, dukungan dari orang tua, ketersediaan sumber daya menjadi faktor pendukung namun keterbatasan waktu, kesulitan dalam mengadaptasi metode dan kurangnya dukungan dari masyarakat menjadi faktor penghambat implementasi TaRL.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr.Sedya Santosa, SS., M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | Pendekatan TaRL; literasi membaca; buku cerita |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374.012 4 Pendidikan dan Literasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 05 May 2025 10:34 |
| Last Modified: | 05 May 2025 10:34 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70952 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
