KOMUNIKASI DAKWAH ERA DIGITAL USTADZ ILHAM HUMAIDI

Muhammad Ezhar Fatih Maghrobi, NIM.: 22202012015 (2025) KOMUNIKASI DAKWAH ERA DIGITAL USTADZ ILHAM HUMAIDI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI DAKWAH ERA DIGITAL USTADZ ILHAM HUMAIDI)
22202012015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI DAKWAH ERA DIGITAL USTADZ ILHAM HUMAIDI)
22202012015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi membuat sebuah perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya yang sangat terlihat pada bidang keagamaan. Pada saat dewasa, masyarakat memiliki keterbatasan waktu untuk belajar agama, namun ingin belajar secara mudah dan instan, sehingga perlu adanya terobosan yang mesti dilakukan oleh juru dakwah khususnya di Banjarmasin. Ustadz Ilham Humaidi hadir dengan pembaharuan dakwah yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan membaca realitas yang sedang terjadi namun tetap mengutamakan tuntunan ajaran Islam dan nilai lokalitas atau budaya masyarakat Banjar. Ustadz Ilham Humaidi menjadi salah satu sumber utama masyarakat Banjar untuk memperoleh ajaran-ajaran keislaman ditengah kondisi masyarakat yang sudah mulai kecanduan dengan media sosial, terutama generasi muda yang tidak bisa lepas dengan media sosial. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ustadz Ilham Humaidi melakukan komunikasi dakwah di era digital dan mendialogkan teori difusi inovasi dengan komunikasi dakwah ustadz Ilham Humaidi di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga langkah, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini yaitu aspek komunikasi dakwah Ustadz Iham Humaidi dengan menyusun lima aspek komunikasi, lalu srategi berupa pengumpulan data dasar, baik itu materi dakwah dan juga memperkirakan kebutuhan dari mad’unya. Ada beberapa gaya komunikasi dakwah yang ustadz Ilham Humaidi pakai, yaitu; gaya dominan, gaya dramatis, gaya berkesan, gaya santai, gaya atentif, gaya terbuka, gaya bersahabat, dan gaya yang tepat. Ustadz Ilham Humaidi juga melakukan interaksi dengan mad’unya secara offline dan online dengan mengakses live streaming di media sosial ustadz Ilham Humaidi. Mendialogikan teori difusi inovasi dengan komunikasi dakwah Ustadz Ilham Humaidi berupa pemahaman (kognitif), perasaan (afektif), dan pada perubahan perilaku (behavioral) audiens. Para jamaah mampu memahami ajaran-ajaran Agama Islam yang disampaikan, kemudian menimbulkan perasaan yang senang dan nyaman dalam menerima pesan dakwah, selanjutnya jamaah mampu melaksanakan apa yang mereka terima, seperti berlaku sabar dan berbaik sangka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Akhmad Rifa’I, M. Phil
Uncontrolled Keywords: komunikasi dakwah; era digital;
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 May 2025 15:45
Last Modified: 05 May 2025 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum