Chofifa Nur Laili, NIM.: 21104080011 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS GUIDED INQUIRY DALAM MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS GUIDED INQUIRY DALAM MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI MI/SD)
21104080011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS GUIDED INQUIRY DALAM MATERI PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI MI/SD)
21104080011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Belum adanya media pembelajaran yang variatif dalam materi pelestarian sumber daya alam dan keterbatasan pelaksanaan kegiatan percobaan yang dilakukan menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran. Video interaktif berbasis guided inquiry dibuat karena produk ini dapat menjadi pendukung sarana pembelajaran peserta didik, produk ini dapat menjadi alternatif dari permasalahan kurangnya media yang variatif di era digital saat ini dan media yang praktis dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan video interaktif berbasis guided inquiry dalam materi pelestarian sumber daya alam di MI/SD dan mengetahui kelayakan produk video interaktif berbasis guided inquiry dalam materi pelestarian sumber daya alam di MI/SD berdasarkan penilaian dari validator dan respon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, design, development, dan dissemination. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Angket yang digunakan dalam mengumpulkan data ada 2 jenis yakni (1) angket penilaian validator menggunakan Skala Likert (2) angket respon keterbacaan oleh peserta didik dengan Skala Guttman dengan dilakukan uji coba kepada 27 peserta didik kelas IV. Adapun data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah dihasilkan produk video interaktif berbasis guided inquiry materi pelestarian sumber daya alam untuk kelas IV melalui prosedur penelitian 4D dengan tahapan define, design, develop, dan dissemination. Video memiliki karakteristik produk terdiri dari 3 bagian yang di dalamnya disesuaikan pada sintak guided inquiry yaitu merumuskan permasalahan, merumuskan hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan, mengumpulkan dan menganalisis data, membuat kesimpulan. Selain itu dalam video terdapat tujuan pembelajaran, 2 kegiatan percobaan, kegiatan refleksi, dan kuis. Diperoleh hasil penilaian kelayakan oleh validator terhadap produk video interaktif berbasis guided inquiry dengan hasil mendapatkan ratarata skor 79,5 dengan nilai A termasuk kategori “sangat baik”. Sementara hasil respon peserta didik terhadap produk video interaktif berbasis guided inquiry mendapatkan skor 238 dari total skor 270 mendapat kategori respon 100% positif. Hasil tersebut diperoleh dari 27 responden peserta didik kelas IV SDN Caturtunggal 4. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran materi pelestarian sumber daya alam. Kata Kunci : Pengembangan, Video interaktif, Guided inquiry, Pelestarian sumber daya alam.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Anita Ekantini, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Video interaktif, Guided inquiry, Pelestarian sumber daya alam. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini |
Divisions: | E-Book > Algoritma |
Depositing User: | S.Sos Sofwan Sofwan |
Date Deposited: | 06 May 2025 11:51 |
Last Modified: | 06 May 2025 11:51 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70996 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |