IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI NABA TOUR YOGYAKARTA

Dzulfiqar Afif Al Ghifari, NIM.: 21102040028 (2025) IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI NABA TOUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI NABA TOUR YOGYAKARTA)
21102040028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MARKETING MIX DI NABA TOUR YOGYAKARTA)
21102040028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Marketing mix menjadi salah satu komponen kesuksesan Naba Tour Yogyakarta untuk meningkatkan calon jemaah umrah. Travel yang berlokasi di Kota Yogyakarta ini, dalam penerapan strategi pemasarannya berfokus pada 7 komponen berdasarkan teori Kotler yang meliputi: product, price, place, promotion, people, process, dan, physical evidence. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek product, Naba Tour menawarkan paket umrah yang beragam dengan mempertimbangkan fleksibilitas pembayaran, jadwal keberangkatan, serta fasilitas. Dari segi price, strategi penetapan harga yang kompetitif dengan transparansi biaya menjadi faktor utama dalam menarik calon jemaah. Segi place, letak kantor cabang yang strategis dan kombinasi pemasaran digital serta pendekatan langsung untuk menjangkau lebih banyak calon jemaah umrah. Promotion dilakukan melalui direct selling, word of mouth, dan internet marketing. Dari aspek people adanya pendampingan penuh, komunikasi yang baik, serta komitmen terhadap kepuasan pelanggan. Aspek process, kemudahan dalam mengurus administrasi dan layanan yang responsif dari sebelum keberangkatan hingga kepulangan sehingga membuat jemaah menjadi lebih nyaman. Sementara itu, aspek physical evidence ditunjukkan melalui identitas visual perusahaan yang khas dan fasilitas yang lengkap menjadi pembeda dari kompetitor. Dari ketujuh poin tersebut, aspek process dalam penelitian ini menjadi faktor dominan yang berkontribusi besar dalam membentuk kepuasan dan kepercayaan calon jemaah umrah pada pemasaran yang diterapkan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa marketing mix yang dilakukan oleh Naba Tour Yogyakarta telah berjalan secara efektif dan efisien, sehingga dapat berkontribusi pada peningkatan jumlah calon jemaah umrah. Kata Kunci : Pemasaran, Marketing Mix, Naba Tour Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Aris Risdiana, S.Sos.I., M.M.
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Marketing Mix, Naba Tour Yogyakarta
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 07 May 2025 14:12
Last Modified: 07 May 2025 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71019

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum