PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BRAIN BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI RASIO (PERBANDINGAN)

Aulia Fajriah Meliyana, NIM.: 20104040012 (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BRAIN BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI RASIO (PERBANDINGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGAYOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BRAIN BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI RASIO (PERBANDINGAN))
20104040012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BRAIN BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI RASIO (PERBANDINGAN))
20104040012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis brain based learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah pada materi rasio (perbandingan). Kemampuan pemecahan masalah sangat penting bagi peserta didik karena dalam menyelesaikan persoalan menggunakan langkah-langkah secara sistematis, luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Kenyataan dilapangan kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih tergolong rendah. solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan dikembangkan LKPD berbasis brain based learning. Model pengembangan pada penelitian pengembangan ini adalah 4D. Tahap 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Adapun instrumen yang akan digunakan pada penelitian ini, yaitu modul ajar, posstest, angket respon guru dan peserta didik, dan LKPD berbasis brain based learning. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Satu Atap Kaliangkrik. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dosen pendidikan matematika, guru mata pelajaran matematika, dan peserta didik kelas VII A SMP Negeri 3 Satu Atap Kaliangkrik. Kriteria kelayakan LKPD ini dengan penilaian pada segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. LKPD ini telah melewati penilaian dari dua jenis ahli, yakni ahli media dan ahli materi. Hasil rata-rata dari penilaian ahli media dan materi mendapat nilai 4,5 dari skala 5 (sangat baik). Hasil kepraktisan dari hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai untuk angket respon guru sebesar 3,41 dari skala 4 xviii (sangat baik) dan angket respon peserta didik sebesar 3,43 dari skala 4 (sangat baik). Hasil keefektifan mendapatkan persentase ketuntasan terhadap KKTP sebesar 93,75% dari hasil posttest yang artinya produk termasuk efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis brain based learning berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci : LKPD, Brain Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd., I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: LKPD, Brain Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 14 May 2025 08:44
Last Modified: 14 May 2025 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum