STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI IBADAH DI TK ISLAM PLUS BINA LEMBAGA MANDING GANDEKAN BANTUL

Ngadilah, NIM.: 03410138-E (2005) STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI IBADAH DI TK ISLAM PLUS BINA LEMBAGA MANDING GANDEKAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI IBADAH DI TK ISLAM PLUS BINA LEMBAGA MANDING GANDEKAN BANTUL)
03410138-E_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN MATERI IBADAH DI TK ISLAM PLUS BINA LEMBAGA MANDING GANDEKAN BANTUL)
03410138-E_Bab II_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Pendidikan pra sekolah yang mendasari agama pada peserta didik salah satunya adalah Taman Kanak-Kanak Islam yang mengembangkan potensi pada anak-anak dengan nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran islam seperti menanamkan keyakinan, pembiasaan ibadah seperti wudhu, sholat baik sunat maupun wajib yang sudah dilakukan setiap hari, serta mengamalkan do’a sehari-hari. Karena antara umur 3-6 tahun merupakan proses pertumbuhan dan pengembangan yang sangat pesat, maka sangat tepat menanamkan pada diri anak untuk pembiasaan melaksanakan ibadah sejak dini agar dapat membentuk religiositas anak mengakar secara kuat dan mempunyai pengaruh sepanjang hidup. Dengan bimbingan dan pengasuhan yang baik diharapkan peserta didik dapat mengamalkan sholat dan mengamalkan doa sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran materi ibadah di Taman Kanak-Kanak Islam Plus Bina Lembaga Manding, Gandekan Bantul. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini adalah : 1). Strategi pembelajaran dapat dilihat dari dua sisi yakni sisi proses dan sisi hasil, dari sisi proses sudah sesuai dengan pendekatan dan prosedur metode yang digunakan, sedangkan dari sisi hasil apa yang telah dicapai tersebut sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan pada materi ibadah wudlu dan sholat; 2). Keberhasilan strategi pembelajaran materi ibadah wudlu dan sholat bisa efektif dan efisien karna dukungan factor-faktor antara lain: kondisi anak, orangtua, kepribadian guru, fasilitas yang memadai dan lingkungan yang kondusif. Sedangkan factor penghambatnya adalah: kekurangan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ibadah; tingkah laku; teknik mengajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 May 2025 14:04
Last Modified: 14 May 2025 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum