Hayatul Mughiroh, NIM.: 99434428 (2004) KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMU MUHAMMADIYAH I TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMU MUHAMMADIYAH I TEMANGGUNG)
99434428_BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, KEMAMPUAN PENALARAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SMU MUHAMMADIYAH I TEMANGGUNG)
99434428_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul Kontribusi Tingkat Pendidikan Orang Tua, Kemampuan Penalaran dan Kepribadian terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SMU Muhammadiyah I Temanggung. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya, juga seberapa besar kontribusi tingkat pendidikan orang tua, kemampuan penalaran dan kepribadian terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas II SMU Muhammadiyah I Temanggung semester awal tahun ajaran 2003/2004. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SMU Muhammadiyah I Temanggung semester awal tahun ajaran 2003/2004 sejumlah 127 siswa. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel dari Robert V Krejcie dan Daryle W Morgan dengan taraf signifikansi 5%, sehingga penelitian ini ditentukan dari besarnya sampel, yakni 100 siswa yang didapat secara random melalui undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan empat instrumen yaitu instrumen tingkat pendidikan orang tua sebanyak 12 butir, instrumen tes kemampuan penalaran sebanyak 25 butir, instumen angket kepribadian sebanyak 40 butir, dan instrumen tes prestasi belajar matematika sebanyak 30 butir soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1 ). Adanya kontribusi yang berarti pada tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi rx1y = 0, 482 dengan garis regresi Y= 7,444 + 0,644X1, (2). Adartya kontribusi yang berarti pada kemampuan penalaran terhadap prestasi belaj!it matematika dengan koefisien korelasi rx2y = 0, 601 dengan garis tegresi Y= 4,136 + 0,701X2, (3). Adanya kontribusi yang berarti pada kepribadian terhadap prestasi belajar matematika dengan koefisien korelasi rx3y = 0, 510 dengan garis regresi Y= -4,943 + 0,180X3 , dan (4). Adanya kontribusi yang berarti pada tingkat pendidikan orang tua, kemampuan penalaran dan keptihadian secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika dengan p
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. Sdya Sentosa SS,M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | kemampuan penalaran; orangtua; belajar meatematika |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 21 May 2025 15:52 |
| Last Modified: | 21 May 2025 15:52 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71080 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
