Fahrudin, NIM.: 01420885 (2006) PENGARUH SIKAP DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH SIKAP DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL)
01420885_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH SIKAP DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MTs NEGERI PIYUNGAN BANTUL)
01420885_BAB II_BAB_III_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah minat belajar bahasa Ara1: siswa MTs Negeri Piyungan Bantul dapat dikategorikan ke dalam taraf renl:ah. Hal ini dikarenakan mayoritas siswa berlatarbelakang Sekolah Dasar kurang lebih 90 %, sehingga mereka asing dengan pelajaran bahasa Arab ini dan harus n, ::nyesuaikan diri lagi dengan pelajaran baru mereka. Adapun tujuan dari peneliti,-n ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh sikap dan metode rnugajar guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa MTs Negeri Piyungan Bantul. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Piyungan I Bantul Tahun Ajaran 2005/2006 sebanyak 435 siswa. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling yaitu teknik pene1itian sampel berdasarkan heterogenitas populasi atau terdiri atas kelompok-kelompok atau bertingkat yaitu siswa kelas VII, VIII, <lan kelas IX MTs Negeri Piyungan Bantul. Penulis mengambil sampel sebanyak 30 % dari populasi siswa, sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 130. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian yang utama dibantu dengan metode observasi, dokumentasi, dan interview untuk kedalaman pengun- ;)ulan data. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas angka. Hasil uji validitas untuk agket sikap guru, metode mengajar guru, dan minat be1ajar bahasa Arab siswa masing-masing adalah 10 butir soal val id dan 5 butir soa1 tidak valid, 9 butir soal valid dan 6 butir soal tidak valid, d,m 10 hutir soal valid dan 5 butir soal tidak valid. Sedangkan hasil uji reliabilita,; untuk angket sikap guru, metode mengajar guru, dan minat belajar bahasa Arab siswa masing-masing adalah 0,7495, 0,7019, dan 0,7860 sehingga angket dinyatakan reliabel; ., ,alisis data menggunakan rumus Regresi Ganda dengan bantuan komputer program SPSS versi 12.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan : I) Ada pengaruh yang positif signifikan antara sikap guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa. Hal ini liitunjukkan oleh harga koefisien detenninasi ( rx1 v 2) sebesar 0,33. 2) Ada pei:,;aruh yang positif signifikan antara metode mengajar guru terhadap minat beL '.jar bahasa Arab siswa. Hal ini dit1Jnjukkan oleh harga koefisien determinasi ( r xy 2) sebesar 0,231. 3) Ada pengaruh yang positif signifikan antara sikap hcrsama-s .ma dengan metode mengajar guru terhadap minat belajar bahasa Arab sis\\ .. . Hal ini ditunjukkan oleh harg:i koefisien detenninasi ( R 2) sebesar 0,501. Adapun besarnya Sumbangan Efektif sikap guru terhadap minat belajar bahasa \rah siswa MTs Negeri Piyungan Ba.'ltul sebesar 30,06 %, dan Sumbangan Efe; .df metode mengajar guru terhadap minat belajar bahasa Arab siswa MTs Negt.; I Piyungan Bantul sebesar 20,00 %. Dari sini dapat disirnpulkan bahwa sikap gt, ulah yang lebih besar pengaruhnya terbadap min.at belajar bahasa Arab siswa jika dibandingkan dengan pengaruh meto.Je mengajar guru. �
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | DR.H. A. Janan A, MA |
| Uncontrolled Keywords: | metode mengajar; minat belajar; guru |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 22 May 2025 14:55 |
| Last Modified: | 22 May 2025 14:55 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71084 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
