PRODUKSI PENGETAHUAN WAHDAH ISLAMIYAH MELALUI HALAQAH TARBIYAH BAGI KOMITMEN BERAGAMA ROHIS SMAN 10 MAKASSAR

Natasyah Sri Damayanti, NIM.: 23205021010 (2025) PRODUKSI PENGETAHUAN WAHDAH ISLAMIYAH MELALUI HALAQAH TARBIYAH BAGI KOMITMEN BERAGAMA ROHIS SMAN 10 MAKASSAR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRODUKSI PENGETAHUAN WAHDAH ISLAMIYAH MELALUI HALAQAH TARBIYAH BAGI KOMITMEN BERAGAMA ROHIS SMAN 10 MAKASSAR)
23205021010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PRODUKSI PENGETAHUAN WAHDAH ISLAMIYAH MELALUI HALAQAH TARBIYAH BAGI KOMITMEN BERAGAMA ROHIS SMAN 10 MAKASSAR)
23205021010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Produksi Pengetahuan Wahdah Islamiyah melalui Halaqah Tarbiyah bagi Komitmen Beragama Rohis SMAN 10 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Halaqah Tarbiyah berperan dalam membentuk dan mentransfer pengetahuan keagamaan kepada siswa Rohis, serta bagaimana mengeksplorasi fungsi Murabbi sebagai otoritas epistemik dalam memastikan validitas serta kebenaran informasi keagamaan yang diperoleh oleh siswa melalui interaksi dalam Halaqah Tarbiyah sehingga membentuk komitmen beragama siswa rohis. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan sosiologi dan psikologi agama. Sumber data utama berasal dari observasi langsung, wawancara dengan siswa rohis dan Murabbi, serta analisis dokumen yang relevan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif Miles dan Huberman yang mencakup tiga tahapan utama, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Halaqah Tarbiyah memberikan dampak yang signifikan terhadap komitmen beragama siswa Rohis di SMAN 10 Makassar. Berdasarkan teori Alvin Goldman, Halaqah Tarbiyah berfungsi sebagai ruang produksi pengetahuan dengan Murabbi sebagai otoritas epistemik, yang membentuk kepercayaan dan pemahaman agama siswa. Teori Glock & Stark juga menunjukkan bahwa lima dimensi keberagamaan, keyakinan, praktik keagamaan, pengelaman, pengetahuan, konsekuensi terlihat mengalami perubahan positif setelah siswa aktif dalam mengikuti Halaqah Tarbiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. Sekar Ayu Aryani, M.A.
Uncontrolled Keywords: Produksi Pengetahuan, Wahdah Islamiyah, Halaqah Tarbiyah, Komitmen Beragama, Rohis
Subjects: 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jun 2025 14:58
Last Modified: 02 Jun 2025 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71178

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum