Arif Fadhil Muhammad, NIM.: 21104040012 (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA)
21104040012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA)
21104040012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa game edukasi untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep materi bentuk aljabar serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) ini mendeskripsikan proses pengembangan game edukasi menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian antara lain validator ahli sebagai penilai dari pengembangan produk, serta subjek uji coba media pembelajaran game edukasi adalah siswa kelas VII C MTsN 3 Sleman tahun ajaran 2024/2025. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pedoman analisis kebutuhan, lembar validasi, lembar angket respon siswa, lembar angket motivasi, serta lembar soal tes pemahaman konsep bentuk aljabar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif untuk memberi gambaran analisis kebutuhan pengembangan serta analisis data kuantitatif untuk mengukur kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan produk game edukasi yang dikembangkan. Berdasarkan hasil pengembangan dan analisis data diperoleh kesimpulan: 1) Game edukasi yang telah dikembangkan mendapatkan penilaian kualitas dengan rata-rata perolehan nilai sebesar 4,35 dari validator ahli materi dan nilai sebesar 4,2 dari validator ahli media yang keduanya termasuk dalam kategori “sangat tinggi” sehigga game edukasi dinyatakan valid. 2) Game edukasi setelah diuji cobakan memperoleh respon dengan ratarata nilai 4,4 pada siswa kelompok kecil, 4,6 pada siswa kelompok besar, dan 4,46 oleh guru dengan kategori “sangat tinggi”, sehingga game edukasi yang dikembangkan dinyatakan praktis digunakan oleh siswa. 3) Analisis data dari angket motivasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan game edukasi mendapatkan skor N-gain sebesar 0,59 yang termasuk dalam kategori sedang sehingga game edukasi dinyatakan cukup efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. 4) Analisis data dari hasil nilai siswa mengerjakan soal tes diperoleh 93% siswa tuntas KKM yang termasuk dalam kategori efektif, sehingga game edukasi dapat dinyatakan efektif memfasilitasi pemahaman konsep materi bentuk aljabar.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Burhanuddin Latif, M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | game edukasi; motivasi belajar; materi bentuk aljabar |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 03 Jun 2025 11:55 |
| Last Modified: | 03 Jun 2025 11:55 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71220 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
