ADAPTASI PENYANDANG DISABILITAS DALAM MENGIKUTI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 SEWON

Miftakul Choirul Ilmi, NIM.: 18102050065 (2025) ADAPTASI PENYANDANG DISABILITAS DALAM MENGIKUTI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADAPTASI PENYANDANG DISABILITAS DALAM MENGIKUTI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 SEWON)
18102050065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ADAPTASI PENYANDANG DISABILITAS DALAM MENGIKUTI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 SEWON)
18102050065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh betapa pentingnya untuk melakukan sebuah adaptasi, atau sering disebut juga dengan penyesuaian diri, terutama bagi para penyandang disabilitas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di Sekolah Inklusif. Hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh para siswa penyandang disabilitas karena ketika siswa bersekolah di sekolah inklusif, ia harus mampu menyesuaikan diri mereka dengan keadaan lingkungan sekitar mereka, dalam hal ini di lingkungan pendidikan inklusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adaptasi yang dilakukan oleh siswa penyandang disabilitas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Sewon dan untuk mengetahui aksesibilitas/ fasilitas yang berada di SMA Negeri 1 Sewon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode yang digunakan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi langsung, serta dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir adalah pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses adaptasi yang dilakukan oleh para siswa penyandang disabilitas netra jauh lebih mudah dari pada proses adaptasi yang dilakukan oleh siswa penyandang disabilitas tuli. Hal itu dikarenakan sulitnya untuk berkomunikasi dengan para guru dan siswa yang lainnya, sehingga mereka para disabilitas tuli itu mengalami proses adaptasi yang sangat lamban. Aksesibilitas/ fasilitas yang berada di SMA Negeri 1 Sewon secara keseluruhan sudah dapat diakses oleh semua siswa termasuk siswa penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: penyandang disabilitas; pembelajaran; adaptasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus/Pendidikan Inklusi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Jun 2025 11:53
Last Modified: 04 Jun 2025 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum