Aimmatul Chosyi'ah, NIM.: 01410667-00 (2004) PENGEMBANGAN BAKAT DAN KETERAMPILAN SISWA BERDASARKAN SCHOOL BASED MANAGEMENT DI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN BAKAT DAN KETERAMPILAN SISWA BERDASARKAN SCHOOL BASED MANAGEMENT DI MAN YOGYAKARTA III)
0141066700-BAB I_V_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN BAKAT DAN KETERAMPILAN SISWA BERDASARKAN SCHOOL BASED MANAGEMENT DI MAN YOGYAKARTA III)
0141066700-BAB II_BAB III_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan adalah pendidikan yang bermutu yang mampu mengembangkitkan potensi peserta didik. Perlunya bakat dan keterampilan untuk ditingkatkan bagi peserta didik di sekolah. Pendidikan juga diharapkan mampu mendorong peserta didik untuk mengembangkan bakat siswa sekaligus meningkatkan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa. MAYOGA sebagai Madrasah Model atau Madrsah Percontohan telah melakukan inovasi Pendidikan dalam berbagai inovasi. Bukan hanya potensi intelektual tetapi juga keterampilan serta keagamaan. MAYOGA telah melaksanakan School Based Manajement (SMB) atau Manajemen Berbasis Sekolah untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan life skill. Pendidikan yang berorientasi pada keterampilan hidup akan memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk meningkatkan potensinya, serta memberikan peluang untuk memperoleh keahlian/keterampilan potensi, minat, dan bakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas mengenai adannya pelaksanaan program pengembangan bakat dan keterampilan yang berkaitan dengan life skill berdasarkan School Based Manajement. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Dalam upaya mengembangkan bakat dan keterampilan siswanya, MAYOGA melakukan inovasi kurikulum. Dalam kegiatan intrakurikuler, MAYOGA membuka dua program unggulan yang masing-masing terdiri dari jurusan IPA dan IPS. 1). P2HM-IPA: Mengembangkan keterampilan Teknisi Komputer (TEKOM) dan Industri Mebelair (lNMEB). 2). P2HM-IPS : Mengembangkan keterampilan Tata Busana (TABUS) dan Kerajinan Batik. 2. Manajemen Berbasis Sekolah di MA YOGA ditempuh berdasarkan beberapa alasan antara lain: bervariasinya kebutuhan siswa akan belajar, beragamnya kemampuan guru dan staf dalam mengembangkan profesionalnya, berbedanya lingkungan sekolah yang satu dengan sekolah lainnya, harapan masyarakat akan pendidikan yang bermutu bagi anak, serta tuntutan dunia usaha untuk memperoleh tenaga yang bermutu. 3. Terdapat beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan pengembangan bakat dan keterampilan siswa berdasarkan School Based Management di MAYOGA. Untuk mengantisipasi hal tersebut MAYOGA menempuh langkah-langkah solusi untuk mengatasinya. Adapun faktor-faktor penunjang dalam pelaksanaan pengembangan bakat dan keterampilan siswa berdasarkan School Based Management di MAYOGA meliputi : adanya partisipasi dari masyarakat sekitar, adanya kerjasama MA YOGA dengan beberapa instansi dan sekolah, tersedianya sarana dan prasarana belajar yang lengkap, dan tersedianya tenaga pengajar yang profesional di bidangnya.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. Moch.Fuad |
| Uncontrolled Keywords: | sertifikasi; life skill; sistem penjurusan; SBM |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 04 Jun 2025 12:19 |
| Last Modified: | 04 Jun 2025 12:19 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71248 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
