Awod, NIM.: 99474293 (2006) IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SDIT AL-UKHUW AH KEC. PAGADEN KAB. SUBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SDIT AL-UKHUW AH KEC. PAGADEN KAB. SUBANG)
99474293_Bab I+_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SDIT AL-UKHUW AH KEC. PAGADEN KAB. SUBANG)
99474293_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses yang sangat kompleks dan berjangka panjang, pendidikan diarahkan untuk pengembangan minat, kebutuhan dan kepentingan anak. Perubahan kurikulum pendidikan yang berlaku di negeri ini sudah empat kali terjadi perubahan. Kurikulum 2004 atau KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) adalah kurikulum terbaru yang sudah diluncurkan sejak tahun 2000, namun pemberlakuan KBK ini banyak menimbulkan masalah baru dan masih banyak mengalami hambatan sebab dalam pelaksanaanya memerlukan kerjasama tim yang solid. Dengan demikian guru perlu memahami mendalam tentang konsep dasar Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum berbasis kompetensi di SDIT AL-Ukhuwah Kec. Pagaden Kab. Subang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis isi atau dokumen (content or document analisys). Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1. Implementasi KBK di SDIT Al-Ukhuwah meliputi aspek a. Pengembangan Program, pengembangan program tahunan dan semester mengacu pada KBK yang disusun oleh Pusat Kurikulum, badan Penelitian dan Pengembangan, dan Departemen Pendidikan Nasional, b. Pelaksanaan Pembelajaran. Pre Tes (tes awal) dan Post Tes dilaksanakan dalam bentuk tertulis, verbal dan praktek. Pendekatan yang digunakan yaitu kompetensi (individu ), pendekatan keterampilan proses (mampu), dan pendekatan tematik (terpadu), c. Evaluasi Hasil Belajar yang dilaksanakan adalah penilaian berbasis kelas, tes kemampuan dasar, ujian berbasis sekolah, d. Peningkatan aktivitas dan kreativitas, peningkatan disiplin sekolah, dan peningkatan motivasi belajar. 2. Peran kepala sekolah dalam implementasi KBK. Perencanaan dan evaluasi dilakukan atas pertimbangan kebutuhan sekolah, masukan dari orang tua siswa dan masyarakat serta hasil dari studi kunjungan ke sekolah-sekolah. Pengembangan KBK dan silabus mengacu pada daerah, sedangkan sekolah hanya mengembangkannya pada tingkat bidang studi. 3. Peran guru dalam implementasi KBK. Menyukai apa yang diajarkannya dan menyukai mengajar sebagai profesi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. H. Hamruni, M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | KBK; kurikulum Pendidikan; prestasi siswa |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375.006 Pendidikan - Kurikulum |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 05 Jun 2025 10:15 |
| Last Modified: | 05 Jun 2025 10:15 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71253 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
