Yahya Rizki Fauzi, NIM.: 21104010088 (2025) PERAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK PROGAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 4 BANTUL DAN MTs NEGERI 6 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK PROGAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 4 BANTUL DAN MTs NEGERI 6 BANTUL)
21104010088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PERAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK PROGAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs NEGERI 4 BANTUL DAN MTs NEGERI 6 BANTUL)
21104010088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring dengan berkembangnya sistem pendidikan di Indonesia, metode pembelajaran pun turut mengalami perubahan. Salah satu inovasi pendidikan yang diterapkan di beberapa madrasah adalah Program Sistem Kredit Semester (SKS). Sistem ini memberikan peluang untuk meningkatkan kemandirian peserta didik dalam proses pembelajaran, yang pada gilirannya mendorong mereka untuk mengembangkan self regulated learning. Namun dalam perkembangannya, jumlah peserta didik Sistem Kredit Semester (SKS) yang dilaksanakan pada MTs Negeri 4 Bantul dan MTs 6 Bantul mengalami penurunan yang signifikan. Adanya penelitian ini untuk mengeksplorasi peran self regulated learning peserta didik Progam Sistem Kredit Semester (SKS) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 4 Bantul dan MTs Negeri 6 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian lapangan, pengumpulan data melalui dokumentasi berupa foto, dokumen, dan catatan lapangan yang berisi hasil-hasil pengamatan dan wawancara yang dilakukan selama penelitian. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan peran self regulated learning pada peserta didik progam SKS. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, penelitian ini menggunakan metode triangulasi dengan memadukan berbagai sumber data, seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta melibatkan beragam perspektif informan guna meminimalisir bias dan meningkatkan validitas temuan. Analisis data dilakukan menggunakan tiga langkah utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dalam program Sistem Kredit Semester (SKS) di MTs Negeri 4 Bantul dan MTs Negeri 6 Bantul menunjukkan kemampuan yang cukup baik dalam penerapan self regulated learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak, karakteristik self regulated learning antara peserta didik laki-laki dan perempuan dalam program Sistem Kredit Semester (SKS) pada mata pelajaran Akidah Akhlak terdapat perbedaan, serta aspek self regulated learning yang paling berkontribusi dalam kesuksesan program Sistem Kredit Semester (SKS) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 4 Bantul dan MTs Negeri 6 Bantul adalah dari aspek lingkungan, khususnya dari orangtua.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. H. Nur Munajat, M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Self Regulated Learning; Progam Sistem Kredit Semester (SKS), akidah akhlak. |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 23 Jun 2025 12:39 |
| Last Modified: | 23 Jun 2025 12:39 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71380 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
