PENDAMPINGAN RELAWAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA RESILIEN ANAK USIA DINI DI KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL YOGYAKARTA

Hana Firdayasa, NIM.: 20104030018 (2025) PENDAMPINGAN RELAWAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA RESILIEN ANAK USIA DINI DI KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN RELAWAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA RESILIEN ANAK USIA DINI DI KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL YOGYAKARTA)
20104030018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN RELAWAN DALAM MENUMBUHKAN JIWA RESILIEN ANAK USIA DINI DI KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL YOGYAKARTA)
20104030018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Strategi dapat diterapkan dalam proses pendampingan dalam menumbuhkan resiliensi melalui berbagai macam strategi dengan proses kegiatan belajar anak usia dini. Di Yogyakarta terdapat sebuah Komunitas yang mana mereka mewadahi anak-anak jalanan seperti pengemis, pengamen dan pemulung untuk bisa diperhatikan kehidupannya terutama perkembangan mengenai resiliensi yang ada pada diri mereka. Komunitas tersebut bernama Komunitas Sekolah Marjinal Yogyakarta. Disana anak-anak usia dini sangat diperhatikan mengenai tumbuh kembang mereka serta pendampingan pada bertumbuhnya resiliensi yang ada di dalam diri mereka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan bagaimana para relawan Komunitas Sekolah Marjinal Yogyakarta dalam melakukan pendampingan dalam menumbuhkan resiliensi pada anak usia dini dengan latar belakang anak jalanan di Sekolah Marjinal Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan studi kasus dengan mengulik seluruh bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam proses pengetahuan resiliensi yang pada anak usia dini. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi antar sumber dengan menggabungkan bebrbagai sumber informasi, triangulasi antar metode untuk memperoleh data yang lebih valid, dan triangulasi antar waktu untuk memverifikasi temuan penelitian dan memahami dinamika fenomena dari waktu ke waktu, dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah para relawan Komunitas Sekolah Marjinal Yogyakarta dalam pendampingan menumbuhkan resiliensi pada anak-anak asuh mereka menerapkan berbagai strategi dalam pendampingannya. Strategi yang digunakan yaitu: 1) Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Emosional, 2) Mengajarkan Strategi Mengatasi Masalah, 3) Menumbuhkan Rasa Empati. Dari menggunakan 3 strategi tersebut semakin mempermudah dalam mengetahui pembentukan pada resiliensi anak usia dini yang ada di Komunitas Sekolah Marjinal Yogyakarta. Faktor pendukung, seperti adanya relawan pengajar yang membuat suatu kegiatan lebih kreatif dan inovatif. Faktor penghambat, kurangnya fasilitas yang ada untuk kegiatan belajar mengajar yang mengakibatkan situasi yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Rohinah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: resiliensi; anak usia dini; komunitas; relawan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Jun 2025 13:36
Last Modified: 24 Jun 2025 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71384

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum