PENGEMBANGAN MODEL MULTILITERASI BERBASIS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWA PBA S1 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Ananda Zalfa Firdaus, NIM.: 23204021032 (2025) PENGEMBANGAN MODEL MULTILITERASI BERBASIS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWA PBA S1 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL MULTILITERASI BERBASIS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWA PBA S1 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
23204021032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL MULTILITERASI BERBASIS METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWA PBA S1 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
23204021032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan mahasiswa generasi Z terhadap variasi model pembelajaran al-Kalam. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan desain model, mengembangkan model, dan mengetahui efektivitas model multiliterasi berbasis metode diskusi dalam pembelajaran mahārah al-Kalām. Penelitian menggunakan jenis research and development model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dokumentasi dan tes. Data berupa angka akan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, paired sample T-test, dan N-Gain dengan bantuan IBM SPSS 29. Hasil penelitian ini adalah 1.) Buku panduan model memiliki nama “mudik” yang memuat sintaks dan ciri khas yang berbeda dengan model pembelajaran yang lain; 2.) Penilaian validasi ahli model dikategorikan sangat layak dengan persentase 92% dan mendapatkan respon positif dari mahasiswa; 3.) Uji efektivitas menyatakan meningkat dalam kemampuan al-Kalam dengan nilai signifikan uji paired sample T-test sebesar 0,000 (<0,05) dan N-Gain sebesar 0,5508 kategori efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: metode diskusi; model multiliterasi; pembelajaran Maharah al-Kalam
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Jun 2025 13:54
Last Modified: 24 Jun 2025 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum