Yulia Rakhma Salsabila, NIM.: 23204011058 (2025) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN SOFT SKILL SANTRI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN SOFT SKILL SANTRI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL)
23204011058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN SOFT SKILL SANTRI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI PONDOK PESANTREN DARUL AMANAH SUKOREJO KENDAL)
23204011058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan di Indonesia ini masih cenderung menitikberatkan pada penguasaan hard skill semata dibandingkan pengembangan kepribadian siswa baik itu interpersonal dan intrapersonal. Akibatnya, masih banyak lulusan yang memiliki kecerdasan dalam hal akademik tapi belum memiliki perilaku baik seperti kurangnya kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab sebagai peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penguatan pendidikan karakter dan soft skill santri di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal, Proses implementasi dan dampaknya terhadap kepribadian santri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif interpretatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi pendidikan dan sosiologi pendidikan. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu meliputi 4 Ustadz dan Ustadzah, 3 santri dan 1 alumni Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data. Model data (data display) dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: Pertama, Desain penguatan pendidikan karakter dan soft skill di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal di susun selaras dengan pendekatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang mencakup 4 tahap utama: 1). Pengenalan, 2). Kontekstualisasi, 3). Aksi dan 4). Refleksi. Kedua, Proses penguatan pendidikan karakter dan soft skill di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal dilakukan melalui kegiatan pembiasaan yang terdiri dari kegiatan harian, kegiatan mingguan dan kegiatan tahunan. Keteladanan dan melalui kegiatan keorganisasian. Ketiga, hasil penguatan karakter dan soft skill di Pondok Pesantren Darul Amanah dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan kepribadian santri seperti religius, disiplin, tanggung jawab, mandiri, percaya diri.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Muqowim S.Ag., M.Ag |
| Uncontrolled Keywords: | character strengthening; soft skills; Islamic Boarding School |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 24 Jun 2025 14:04 |
| Last Modified: | 24 Jun 2025 14:04 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71388 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
