Ludfi Rizqian Putra, NIM.: 21102040018 (2025) EVALUASI KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 3 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EVALUASI KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 3 SLEMAN)
21102040018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10MB) | Preview |
|
![]() |
Text (EVALUASI KINERJA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 3 SLEMAN)
21102040018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 3 Sleman. Evaluasi kinerja perlu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab GTK sesuai dengan standar yang telah ditetapkan serta untuk mengidentifikasi aspek yang memerlukan perbaikan Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) di MTsN 3 Sleman dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tugas telah sesuai dengan standar yang ditetapkan, serta untuk mengidentifikasi aspekaspek yang masih memerlukan peningkatan. Manfaat evaluasi antara lain memberikan informasi objektif mengenai bagian yang perlu diperbaiki, baik dalam aspek pembelajaran maupun administrasi. Evaluasi kinerja menjadi dasar untuk memberikan umpan balik kepada GTK, merencanakan pengembangan karier, serta menentukan kebijakan penghargaan dan kompensasi yang tepat. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan memahami fenomena evaluasi kinerja GTK secara mendalam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap informan yang terdiri atas kepala madrasah, guru, dan kepala tata usaha sebagai pihak-pihak yang memiliki peran langsung dalam pelaksanaan dan evaluasi kinerja GTK. Observasi dilakukan di lingkungan MTsN 3 Sleman untuk mengamati aktivitas dan perilaku GTK dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tertulis seperti laporan evaluasi, dokumen kebijakan, dan data kehadiran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman, yang mencakup tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Validitas data dijaga melalui teknik triangulasi sumber dan metode, guna memastikan keakuratan serta keabsahan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses evaluasi kinerja di MTsN 3 Sleman telah dilaksanakan secara sistematis melalui tiga konsep, yaitu tujuan, manfaat, dan proses evaluasi kinerja. Evaluasi yang dilakukan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi, kedisiplinan, dan profesionalisme GTK dalam menjalankan tugasnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Achmad Muhammad, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Kinerja, Tujuan, Manfaat, Proses Guru, Tenaga Kependidikan |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1) |
Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 09:33 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 09:33 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71472 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |