PENGARUH PROMO “TANGGAL KEMBAR” SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA

Emira Soviyana, NIM.: 18107020059 (2025) PENGARUH PROMO “TANGGAL KEMBAR” SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROMO “TANGGAL KEMBAR” SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA)
18107020059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROMO “TANGGAL KEMBAR” SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA)
18107020059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong maraknya aktivitas belanja online melalui platform e-commerce, terutama setelah pandemi Covid-19. Shopee menjadi salah satu e-commerce yang paling diminati masyarakat Indonesia, khususnya mahasiswa, karena tidak hanya menyediakan berbagai produk, tetapi juga menawarkan promosi menarik seperti pada event tanggal kembar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promo tanggal kembar Shopee berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan mengetahui berapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan teori konsumsi Jean Baudrillard yang membahas nilai tanda dan hiperrealitas. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner online yang disebarkan melalui WhatsApp dan Instagram kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promo tanggal kembar Shopee berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, dengan nilai signifikansi 0,00 (< 0,05), sehingga hipotesis diterima. Besar pengaruh promo terhadap perilaku konsumtif adalah 24%, yang mencakup intensitas promosi, jenis promosi, dan pesan promosi. Faktor lain seperti motivasi pembelian dan persepsi produk juga turut memengaruhi. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 8,926 + 0,647X, yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan pada promosi akan meningkatkan perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 0,647 satuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: B.J. Sujibto, M.A.
Uncontrolled Keywords: Promosi Shopee, Tanggal Kembar, Perilaku Konsumtif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 301 Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 Jul 2025 14:57
Last Modified: 04 Jul 2025 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum