EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CD E-LEARNING SMA MATEMATIKA DILENGKAPI METODE DISKUSI DAN PRESENTASI TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA (STUDI EKSPERIMEN DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA)

ACHMAD ILFAN RIFA’I , 07600051 (2012) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CD E-LEARNING SMA MATEMATIKA DILENGKAPI METODE DISKUSI DAN PRESENTASI TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA (STUDI EKSPERIMEN DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CD E-LEARNING SMA MATEMATIKA DILENGKAPI METODE DISKUSI DAN PRESENTASI TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA (STUDI EKSPERIMEN DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CD E-LEARNING SMA MATEMATIKA DILENGKAPI METODE DISKUSI DAN PRESENTASI TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA (STUDI EKSPERIMEN DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran CD e-Learning SMA Matematika dilengkapi metode diskusi dan presentasi terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Variabel yang diukur dari penelitian ini adalah minat belajar dan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dengan pokok bahasan Dimensi Tiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah non-equivalent posttest-only control design. Subjek penelitiannya adalah peserta didik MAN LAB UIN Yogyakarta kelas X tahun ajaran 2011/2012. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil sampel 2 kelas homogen, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen (X-C) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (X-B). Dalam menentukan kelasnya diambil secara simple random sampling. Pada penelitian ini, pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur minat belajar dan uji-T untuk menganalisis datanya serta soal posttest untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan uji Mann-Whitney untuk menganalisis datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran di kelas kontrol ditinjau dari minat belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig(1-tailed) uji T yang kurang dari 0,05, yaitu 0,0455 < 0,05. Selanjutnya, hasil uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis kedua kelas berbeda, ditunjukkan oleh nilai sig. yang kurang dari 0,05, yaitu 0,017 < 0,05. Kemudian, dari rata-rata nilai posttest, kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan kelas kontrol, sehingga pembelajaran di kelas eksperimen tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran di kelas kontrol ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Kata Kunci : Efektivitas, CD e-Learning SMA Matematika, Diskusi dan Presentasi, Minat Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 20:35
Last Modified: 22 Jan 2016 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7160

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum