Anisa Nur Rahmawati, NIM.: 18104090026 (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAMI (BPI) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IQRO’ NOGOSARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAMI (BPI) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IQRO’ NOGOSARI)
18104090026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM BINA PRIBADI ISLAMI (BPI) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IQRO’ NOGOSARI)
18104090026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Program Bina Pribadi Islami (BPI) merupakan bentuk pembinaan akhlak yang dirancang untuk menanamkan nilai-nilai keislaman sejak dini melalui kegiatan terstruktur dan menyeluruh di lingkungan sekolah. BPI hadir sebagai respon dari maraknya perilaku yang menyimpang di kalangan peserta didik. Di SDIT IQRO’ Nogosari, program ini menjadi salah satu langkah strategis dalam membentuk pribadi peserta didik yang berakhlak mulia, memiliki akidah yang lurus, ibadah yang benar melalui kegiatan rutin dalam kelompok kecil yang dibina langsung oleh guru. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti implementasi Program Bina Pribadi Islami di SDIT IQRO’ Nogosari serta dampaknya terhadap akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian adalah kepala sekolah, koordinator BPI, pembina BPI, dan peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dalam mencapai keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program BPI ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Perencaaam program BPI ini meliputi merencanakan tujuan, menentukan kurikulum dan mengadakan sarana dan prasarana. Pengorganisasian program BPI terdiri dari membentuk struktur organisasi dan pembagian kelompok. Pelaksanaan BPI dibagi menjadi dua kegiatan yaitu kegiatan utama, pertemuan rutin setiap pekan dan kegiatan pendukung seperti BPI spesial, praktek ibadah, malam bina iman dan taqwa (MABIT). Evaluasi program BPI sudah berjalan dengan baik namun belum ada evaluasi berbasis data objektif untuk mengukur pencapaian peserta didik. 2) Dampak program BPI di SDIT IQRO’ Nogosari bagi peserta didik mengalami peningkatan dalam tiga aspek yaitu akidah, ibadah dan akhlak. Dampak BPI pada akidah peserta didik dapat terlihat pada kesadaran beragama seperti jujur dan rasa takut kepada Allah. Aspek ibadah berhasil meningkatkan semangat ibadah peserta didik, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Aspek akhlak berhasil menanamkan akhlak Islami pada peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Muhamad Iskhak, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | bina pribadi Islami; akidah; akhlak |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 09:26 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 09:26 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71609 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
