Arif Prasetyo, NIM.: 20104010080 (2025) PERAN USTADZ/USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN PADA SANTRI TPQ AL-WIHDAH KELURAHAN WIROGUNAN, KAPANEWON MERGANGSAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN USTADZ/USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN PADA SANTRI TPQ AL-WIHDAH KELURAHAN WIROGUNAN, KAPANEWON MERGANGSAN, YOGYAKARTA)
20104010080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (PERAN USTADZ/USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN PADA SANTRI TPQ AL-WIHDAH KELURAHAN WIROGUNAN, KAPANEWON MERGANGSAN, YOGYAKARTA)
20104010080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Ustadz/ustadzah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an pada santri Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPQ) Al-Wihdah Kelurahan Wirogunan, Kapanewon Mergangsan, Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya peran tenaga pendidik pada lembaga pendidikan nonformal, khususnya dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Ustadz/ustadzah memiliki tanggung jawab besar dalam membimbing santri agar mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar sesuai kaidah tajwid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala TPQ, dewan asatidz, dan santri TPQ Al-Wihdah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz/ustadzah tidak hanya berperan sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, dan evaluator dalam proses pembelajaran Al-Qur’an. Strategi yang digunakan mencakup pendekatan personal, pemberian motivasi, serta penggunaan metode pembelajaran yang variatif dan menyenangkan. Faktor pendukung dalam proses ini antara lain adanya reward, pendekatan individual, pengelolaan kelas yang baik, dan evaluasi rutin. Sedangkan faktor penghambat berasal dari kurangnya minat santri, keterbatasan tenaga pendidik, serta kurangnya dukungan dari orang tua. Keseluruhan peran tersebut berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri secara bertahap dan berkelanjutan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Yuli Kuswandari S. Pd, M. Hum. |
| Uncontrolled Keywords: | ustadz/ustadzah TPQ; Kualitas bacaan Al-Qur’an |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 07 Jul 2025 14:00 |
| Last Modified: | 07 Jul 2025 14:00 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71629 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
