STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TAHFIDZUL QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Syifa’us Sariro, NIM.: 21104030035 (2025) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TAHFIDZUL QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TAHFIDZUL QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
21104030035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TAHFIDZUL QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
21104030035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku prososial adalah salah satu perilaku yang harus dimiliki oleh anak karena dapat membantu anak untuk beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Namun, dalam kenyataannya tidak semua anak memiliki perilaku prososial ini. Dalam hal ini strategi guru juga salah satu yang memiliki peran penting dalam menumbuhkan perilaku prososial agar anak mampu mencapai perkembangannya dengan optimal. Dari gambaran permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk strategi guru dalam menumbuhkan perilaku prososial, mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku prososial, serta mengetahui dampak perilaku prososial terhadap perkembangan sosial emosional anak di kelas A3 RA Tahfidzul Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas A3 RA Tahfidzul Qur’an Wahid Hasyim. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan wali kelas A3. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kondensi data, penyajian data, dan verification. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk strategi guru dalam menumbuhkan perilaku prososial di kelas A3 RA Tahfidzul Qur’an yaitu dengan strategi pembelajaran langsung, strategi empirik, strategi keteladanan, strategi pembiasaan, dan strategi permainan. 2) faktor yang mempengaruhi perilaku prososial anak di kelas A3 RA Tahfidzul Qur’an Wahid Hasyim yaitu faktor lingkungan keluarga dan pola asuh, peran guru, dan teman sebaya. 3) dampak perilaku prososial terhadap perkembangan sosial emosional anak di kelas A3 RA Tahfidzul Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta yaitu peningkatan empati, peningkatan keterampilan sosial, dan keterampilan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Prof. Dr. H. Suyadi, S. Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: strategi guru; perilaku prososial; Anak Usia 4-5 Tahun
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.8 Perilaku Siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Jul 2025 09:36
Last Modified: 08 Jul 2025 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71653

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum