PENGARUH PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK AMAL INSANI

Yaman, Rizkiah Putri, NIM.: 21104030012 (2025) PENGARUH PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK AMAL INSANI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK AMAL INSANI)
21104030012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MEDIA LOOSE PARTS TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK AMAL INSANI)
21104030012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya stimulasi yang tepat dalam mendukung perkembangan kreativitas anak, khususnya melalui media pembelajaran. Fenomena pada Kelompok B TK Amal Insani adalah terdapat anak yang belum menunjukkan inisiatif atau antusiasme saat akan memulai aktivitas kreatif tanpa dorongan awal. Terdapat juga anak yang masih terpaut pada contoh dari guru, sehingga harus diberikan rangsangan verbal dan pengarahan saat berpartisipasi dalam kegiatan. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan media loose parts terhadap kreativitas anak Kelompok B di TK Amal Insani, 2) Untuk mengetahui besar pengaruh penerapan media loose parts terhadap kreativitas anak Kelompok B di TK Amal Insani. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif metode korelasional. Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B di TK Amal Insani. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang di isi oleh guru kelas sebagai pihak ketiga. Teori Paul Torrance, memandang kreativitas tidak hanya berasal dari bakat bawaan, tetapi juga merupakan hasil dari hubungan yang saling memengaruhi antara potensi kreatif seseorang dengan proses belajar serta pengalaman yang diperoleh dari lingkungan sekitar. Di sekolah, media pembelajaran memberikan pengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Dengan media loose parts, anak mengalami proses menemukan hambatan, merumuskan ide baru, mengkombinasikan pengetahuannya dalam karya, dan mengkomunikasikan hasil karyanya. Yang mana semua proses tersebut tercakup dalam indikator berpikir kreatif pada teori Paul Torrance. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan media loose parts berpengaruh terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Amal Insani. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh nilai thitung sebesar 11,472 yang mana lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,011. Sehingga Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media loose parts berpengaruh signifikan terhadap kreativitas anak. Melalui uji determinasi, media loose parts memberikan pengaruh sebesar 77,3% terhadap kreativitas anak dan sisanya sebesar 22,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Hafidh‟ Aziz, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: loose parts media; children‟s creativity
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Jul 2025 09:40
Last Modified: 08 Jul 2025 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71654

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum