MANAJEMEN COACHING PADA SUPERVISI KLINIS DALAM PENINGKATAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 LENDAH

Raihana Zahra, NIM.: 23204091016 (2025) MANAJEMEN COACHING PADA SUPERVISI KLINIS DALAM PENINGKATAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 LENDAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN COACHING PADA SUPERVISI KLINIS DALAM PENINGKATAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 LENDAH)
23204091016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN COACHING PADA SUPERVISI KLINIS DALAM PENINGKATAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 1 LENDAH)
23204091016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena perundungan digital dan kompleksitas masalah siswa mendesak peningkatan kualitas layanan Bimbingan Konseling (BK) di sekolah, menuntut kompetensi guru BK yang multidimensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bimbingan dan konseling (BK) di SMP Negeri 1 Lendah terkait implementasi manajemen coaching dalam supervisi klinis serta persepsi mereka mengenai dampaknya terhadap peningkatan kualitas layanan BK. Melalui pendekatan kualitatif analisis kritis dengan desain studi kasus, penelitian ini berfokus pada penggalian perspektif, makna, dan pengalaman subjektif partisipan. Partisipan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, melibatkan guru BK yang aktif dalam proses konseling di sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara semiterstruktur, observasi partisipan atau non partisipan, dan analisis dokumen terkait program BK dan supervisi klinis. Analisis data dilakukan secara induktif menggunakan triangulasi teknik dan sumber, yang bertujuan untuk mengidentifikasi data yang muncul dari lapangan. Temuan penelitian ini mengungkap manajemen coaching diimplementasikan dalam supervisi klinis, cara guru BK memaknai proses tersebut, dan merasakan dampaknya terhadap berbagai aspek layanan BK, termasuk pemahaman kebutuhan siswa, perencanaan dan pelaksanaan intervensi, kolaborasi dengan pihak lain, serta refleksi praktik profesional. Hasil penelitian menunjukkan manajemen coaching diimplementasikan secara komprehensif, dimaknai guru BK sebagai transformatif, dan berdampak positif pada peningkatan pemahaman kebutuhan siswa, perbaikan intervensi, penguatan kolaborasi, dan refleksi profesional. Layanan BK juga menunjukkan inovasi program dan keberhasilan penanganan kasus siswa pasca-implementasi. Penelitian ini memiliki relevansi praktis tinggi dengan menawarkan model supervisi BK yang memberdayakan, serta kontribusi teoretis dengan mengintegrasikan coaching dan supervisi klinis dalam literatur pendidikan di Indonesia. Pendekatan kualitatif studi kasus menjamin validitas ekologis tinggi dan data mendalam. Namun, fokus pada satu lokasi membatasi generalisasi. Hasilnya diharapkan menjadi dasar perancangan model supervisi BK yang lebih efektif dan partisipatif, serta pengembangan profesional guru BK.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. H. Suwadi, S.Ag., M.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: manajemen coaching; supervisi klinis; bimbingan konseling
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 158.3 Psikologi Konseling, Penyuluhan, Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 08 Jul 2025 10:49
Last Modified: 08 Jul 2025 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum