Suci Skar Kinanti., NIM.: 23204081004. (2025) PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MENUMBUHKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS SD/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MENUMBUHKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS SD/MI)
23204081004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN MENUMBUHKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS SD/MI)
23204081004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengembangkan LKPD IPAS materi “melihat karena cahaya mendengar karena bunyi” pada siswa kelas V. (2) untuk mengetahui kualitas LKPD IPAS materi “melihat karena cahaya mendengar karena bunyi” pada siswa kelas V. (3) untuk mengetahui efektivitas LKPD Media LKPD IPAS materi melihat karena Cahaya mendengar karena bunyi pada siswa kelas V. (4) untuk mengetahui peran LKPD IPAS materi melihat karena cahaya mendengar karena bunyi dapat menumbuhkan keaktifan siswa. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, lembar validasi, lembar penilaian dan tes. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan validasi produk oleh para ahli. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis data penilaian produk oleh guru dan uji efektivitas produk dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon berbantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dengan beberapa tahapan ADDIE menghasilkan beberapa temuan, yaitu: 1) telah berhasil dikembangkan LKPD IPAS materi “melihat karena cahaya mendengar karena bunyi” yang dikembangkan dengan metode ADDIE menghasilkan produk yang layak digunakan pada siswa dalam proses pembelajaran. 2) kualitas produk yang diperoleh hasil 86% dari ahli media dan 95% dari ahli materi yang termasuk pada kategori “sangat layak” digunakan. 3) LKPD efektif ditunjukkan dari data pada uji t test menggunakan bantuan aplikasi SPSS 22 dengan uji Wilcoxon dan mendapatkan hasil 0,013 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga dikatakan terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah LKPD diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka LKPD layak, efektif dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada siswa. 4) LKPD IPAS materi “melihat karena cahaya mendengar karena bunyi” mampu menumbuhkan keaktifan siswa dapat dilihat proses pembelajaran siswa berperan aktif dengan mendengarkan saat guru menjelaskan, menulis atau mempergunakan LKPD dengan baik, menyelesaikan persoalan dan tugas yang diberikan guru, dan bertanya kepada guru, hal tersebut menunjukkan bahwa siswa telah aktif, walaupun pada indikator menjawab dan menyampaikan pendapat siswa masih kurang. Maka dari itu dapat dilihat bahwa media LKPD dapat menumbuhkan keaktifan siswa.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Siti Fatonah, S.Pd., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa; keterampilan berpikir; LKPD |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.8 Perilaku Siswa |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 11:25 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 11:25 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71669 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
