Riska Lausita Oktaviani, NIM.: 21104070029 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATERI SEL SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATERI SEL SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA/MA)
21104070029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATERI SEL SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA KELAS XI SMA/MA)
21104070029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan masih berupa buku paket yang tersedia di sekolah sehingga siswa pasif pada saat pembelajaran. Siswa juga kurang memahami materi biologi khususnya materi sel karena materi yang sangat kompleks dan ditandai dengan nilai hasil belajar yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengembangan emodul biologi berbasis TGT (Teams Games Tournament) pada materi sel sebagai bahan ajar untuk siswa kelas XI SMA/MA, 2) mengetahui kualitas e-modul biologi berbasis TGT (Teams Games Tournament) pada materi sel sebagai bahan ajar yang dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA/MA, dan 3) mengetahui respon siswa kelas XI SMA/MA terhadap penggunaan e-modul biologi berbasis TGT (Teams Games Tournament) pada materi sel yang telah dikembangkan. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap Development. Uji kualitas produk dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket berdasarkan skala likert untuk reviewer (1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 3 orang peer reviewer, dan 1 orang guru biologi) dan 15 orang siswa kelas XI SMA Negeri 4 Yogyakarta. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian emodul berbasis TGT (Teams Games Tournament) yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penilaian dari ahli materi sebesar 93,8%, ahli media sebesar 85,3%, peer reviewer sebesar 92,6%, guru biologi sebesar 94,3%, dan respon siswa sebesar 88,9%. Dengan demikian kualitas produk bahan ajar yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik serta layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Annisa Firanti, S.Pd.Si., M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | E-Modul; TGT (Teams Games Tournament); sel; bahan ajar |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 11:35 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 11:35 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71672 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
