Nuri Syifa Azzahra, NIM.: 21104010010 (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DISABILITAS NETRA DALAM MENGAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS X DI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DISABILITAS NETRA DALAM MENGAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS X DI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DISABILITAS NETRA DALAM MENGAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA KELAS X DI MAN 4 BANTUL TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini bermula dari fenomena adanya guru penyandang disabilitas netra ditempatkan mengajar di Madrasah Aliyah Negeri yang bukan inklusi dan memiliki peserta didik non-disabilitas. Penelitian ini juga berfokus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), yang mana pelajaran ini menuntut pemahaman kronologis, analisis historis, serta pemetaan peristiwa yang sering kali bergantung pada elemen visual seperti peta, serta peninggalan-peninggalan bersejarah lainnya. Oleh karena itu guru penyandang disabilitas netra memiliki peran yang kompleks dalam mengembangkan strategi pembelajaran efektif, efisien serta dituntut mampu mengatasi keterbatasan masalah yang mereka miliki. Selain mengulik perihal strategi pembelajaran, penelitian ini juga bertujuan mengetahui tantangan yang dihadapi oleh guru penyandang disabilitas netra dan juga bagaimana peserta didik kelas X memaknai proses pembelajaran yang dipandu oleh guru penyandang disabilitas netra di MAN 4 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah guru penyandang disabilitas netra yang ada di MAN 4 Bantul, Waka Kurikulum, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, kemudian kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) strategi pembelajaran guru penyandang disabilitas netra dalam mengajar SKI diantaranya diskusi kelompok kecil, partisipasi aktif siswa, metode tanya jawab dan elaborasi, serta metode pendekatan empati historis 2) tantangan yang dihadapi guru penyandang disabilitas netra dalam melaksanakan strategi pembelajaran SKI meliputi, tantangan penyampaian materi di kelas, tantangan dalam penggunaan media dan teknologi, tantangan dalam interaksi antara siswa dengan guru lain, serta tantangan dalam administrasi dan penilaian 3) pemaknaan peserta didik kelas X memaknai proses pembelajaran menunjukkan hasil bahwa guru penyandang disabilitas netra menunjukkan peran sangat penting dalam membangun pemahaman siswa terhadap materi SKI
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Guru Penyandang Disabilitas Netra, Sejarah Kebudayaan Islam |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 13:37 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 13:37 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71677 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
