Menik Hardiyanti, NIM.: 22204092003 (2025) MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PEMBIYAAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PEMBIYAAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL))
22204092003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN UNTUK PEMBIYAAN PENDIDIKAN (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-IMDAD BANTUL))
22204092003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Pembiayaan merupakan aspek krusial pada penyelenggaraan pendidikan di setiap lembaga, termasuk pondok pesantren. Efisiensi dan efektivitas pada pemanfaatan pembiayaan pendidikan sangat penting untuk memastikan alokasi dana yang tepat sasaran demi mencapai tujuan pendidikan. Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, memiliki peran penting pada menanamkan nilai-nilai luhur dan membangun toleransi antar umat manusia. Namun, pondok pesantren juga menghadapi berbagai tantangan, terutama pada hal regulasi, alokasi anggaran, pengelolaan, dan kualitas pendidikan yang tidak merata. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis manajemen kewirausahaan pondok pesantren Al-Imdad Bantul 2) untuk menganalisis pengelolaan pembiayaan pendidikan pondok pesantren Al-Imdad Bantul 3) untuk menganalisis dampak manajemen kewirausahaan pada pembiayaan pendidikan pondok pesantren Al-Imdad Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research) Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, display data, dan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber selanjutnya berakhir pada penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa; 1) Manajemen kewirausahaan di Pondok Pesantren Al-Imdad masih belum dikelola dengan baik, baik dari segi perencanaan maupun pengelolaannya, dan terdapat banyak kekurangan di padanya. Pelaksanaan dan pengorganisasian non-fisik telah dikelola dengan cukup baik, namun sumber daya fisik masih kurang memadai. Pengawasan sudah berjalan dengan baik dan optimal, baik di tingkat unit, direktur, maupun pimpinan.2) Pembiayaan pendidikan di Pondok Pesantren Al-Imdad berasal dari orang tua santri, pemerintah, dan lembaga itu sendiri. Bantuan pemerintah hanya menyumbang sekitar 5% untuk kegiatan belajar mengajar di pesantren, dan tidak selalu tersedia. Oleh karena itu, Pondok Pesantren Al-Imdad sangat bergantung pada dana dari orang tua santri dan kegiatan kewirausahaannya. Saat ini, sekitar 80% dari pembiayaan pendidikan berasal dari kontribusi orang tua wali, sementara kewirausahaan pondok menyuplai 20-30% untuk biaya pendidikan, termasuk untuk pembangunan ruang kelas baru, pembelian tanah, dan pembangunan gedung.3) Dampak manajemen kewirausahaan terhadap pembiayaan pendidikan sangat signifikan, memberikan kontribusi sekitar 20-30% untuk memenuhi kebutuhan operasional pondok. Hasil dari setiap unit usaha di pondok berperan penting pada pembangunan infrastruktur, seperti gedung sekolah, tanah, dan ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar santri.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Sedya Santosa, SS, M.Pd |
| Uncontrolled Keywords: | entrepreneurship management; education financing; Islamic boarding schools |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen Wirausaha |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 14:26 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 14:26 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71679 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
