EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Alma Aulia Hanifah, NIM.: 21104040010 (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA)
21104040010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI LITERASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA)
21104040010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Pada penelitian ini juga akan diketahui ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis serta kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan factorial design 3×2. Desain faktorial merupakan modifikasi dari design true experimental, yaitu dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel moderator berupa kemampuan awal siswa. Kemampuan awal siswa tersebut dibagi dalam tiga kategori,terdiri atas kemampuan awal rendah, sedang, dan tinggi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D SMPN 15 Yogyakarta pada tahun ajaran 2024/2025. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menggunakan uji hipotesis Two Way Anova, disertai uji lanjutan Posthoc Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, enerapan pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05). Kedua, penerapan pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL efektif terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,002 (<0,05). Ketiga, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kritis, dikarenakan nilai signifikansi yang lebih dari 0,05 (0,382). Keempat, tidak terdapat interaksi antara pembelajaran matematika terintegrasi literasi ekonomi dengan pendekatan PBL dan kemampuan awal siswa terhadap kemandirian belajar siswa, dikarenakan nilai signifikansi yang lebih dari 0,05 (0,104).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Dr. Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Matematika, Terintegrasi, Pendekatan PBL, Berpikir Kritis, Kemandirian Belajar
Subjects: 500 Sains Murni > 510 Mathematics (Matematika) > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Jul 2025 14:29
Last Modified: 08 Jul 2025 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum