HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA KELAS V DI SDN MANCOGEH TASIKMALAYA

Filzah Rosadah, NIM.: 21104080001 (2025) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA KELAS V DI SDN MANCOGEH TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA KELAS V DI SDN MANCOGEH TASIKMALAYA)
21104080001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA KELAS V DI SDN MANCOGEH TASIKMALAYA)
21104080001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali, memahami, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara tepat, serta membangun hubungan sosial yang sehat. Kecerdasan emosional berperan penting dalam mendukung interaksi siswa dengan teman sebayanya. Permasalahan interaksi yang muncul di SDN Mancogeh Tasikmalaya, seperti konflik dalam kelompok, kesalahpahaman komunikasi, serta kurangnya empati antar siswa, menunjukkan adanya kemungkinan keterkaitan dengan tingkat kecerdasan emosional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat dan seberapa besar hubungan antara kecerdasan emosional dengan interaksi teman sebaya pada siswa kelas V di SDN Mancogeh Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Subjek penelitian berjumlah 65 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang ditentukan melalui teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data berupa angket kecerdasan emosional yang disusun berdasarkan teori Goleman dan angket interaksi teman sebaya berdasarkan teori Partowisastro. Setiap angket terdiri dari 25 item pernyataan valid, yang telah diuji melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Pearson melalui program SPSS versi 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan interaksi teman sebaya. Nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,034 (p < 0,05), dengan koefisien korelasi sebesar 0,274 yang menunjukkan tingkat hubungan berada pada kategori lemah. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional siswa, maka cenderung semakin baik pula kemampuan mereka dalam membangun interaksi dengan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Andhika Yahya Putra, M.Or.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Interaksi Teman Sebaya, Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Jul 2025 08:55
Last Modified: 09 Jul 2025 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum