Luthfiya Nuril Ulya, NIM.: 21104080061 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA TERINTEGRASI BUDAYA JAWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG UNTUK SISWA FASE A. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA TERINTEGRASI BUDAYA JAWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG UNTUK SISWA FASE A)
21104080061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA TERINTEGRASI BUDAYA JAWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG UNTUK SISWA FASE A)
21104080061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Soal cerita dalam pembelajaran matematika seringkali menjadi tantangan bagi siswa terutama dalam mengubah narasi menjadi operasi hitung yang tepat. Pembelajaran yang disampaikan secara monoton kurang membantu siswa dalam mengatasi kesulitan ini, khususnya bagi siswa fase A. Diperlukan media pembelajaran yang menarik, kontekstual dan ramah anak sebagai alternatif pendekatan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media ular tangga terintegrasi budaya dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung; (2) mengetahui kelayakan media; serta (3) mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap penggunaannya. Peneliti menggunakan penelitian Research dan Development (R&D) dengan model 4D Thiagarajan yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Instrumen penelitian berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli materi, media, dan budaya, serta untuk mengetahui respon guru. Dan angket dengan skala Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media UTA SOMAD uji coba dilakukan kepada 13 peserta didik kelas II. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan media tergolong “Sangat Layak” dengan hasil penilaian oleh ahli materi memperoleh skor 46, melebihi batas minimal 41,88. Penilaian oleh ahli media memperoleh skor 61, melampaui batas minimal 54,48, dan penilaian oleh ahli budaya memperoleh skor 74, melebihi batas minimal 63. Sementara respon guru memperoleh skor 178, melebihi batas minimal 159,54, sehingga termasuk dalam kategori “Sangat Layak.” dan respon peserta didik menunjukkan tanggapan positif, dengan persentase jawaban “Ya” berkisar antara 85% hingga 100%. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan media ular tangga terintegrasi budaya jawa dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung untuk siswa fase A (UTA SOMAD) dinyatakan sangat layak dan mendapat respon positif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Endang Sulistyowati, M.Pd.I |
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Ular Tangga, Matematika, Integrasi Budaya Jawa |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 09:28 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 09:28 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71725 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
