Employee engagement, job satisfaction, organizational culture, and servant leadership as drivers of worker productivity

Mikhriani, -- and Ahmad Dani Virsal, - and Suddin Lada, - (2025) Employee engagement, job satisfaction, organizational culture, and servant leadership as drivers of worker productivity. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 28 (1). pp. 221-246. ISSN ISSN 1979-6471 E-ISSN 2528-0147

[img]
Preview
Text (Employee engagement, job satisfaction, organizational culture, and servant leadership as drivers of worker productivity)
Employee engagement, job satisfaction, organizational culture, and servant leadership as drivers of worker productivity.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan organisasi sangat terkait dengan sumber daya mereka, terutama sumber daya manusia. Dalam hal ini, sumber daya manusia yang lebih kompeten memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Oleh karena itu, manajemen sumber daya manusia (HRM) sangat kritis dalam organisasi dan memerlukan kepemimpinan dan budaya organisasi yang tepat. Dalam konteks ini, studi ini bertujuan untuk menyelidiki peran Kepemimpinan yang melayani dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (JS). Studi kuantitatif ini menganalisis hubungan sebab-akibat dari data yang diperoleh dari 147 responden dengan skala Likert lima poin. Data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner yang terdiri dari tiga jenis data demografis dan dua puluh pernyataan dalam kuesioner. Kami menggunakan program SPSS dan AMOS dengan alat Analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa budaya organisasi dan kepemimpinan yang melayani berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, sementara kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap keterlibatan karyawan dan produktivitas kerja. Namun, hipotesis yang memprediksi bahwa keterlibatan karyawan mempengaruhi produktivitas kerja tidak didukung secara empiris. Secara keseluruhan, studi kami memberikan arah bagaimana kebijakan organisasi secara strategis meningkatkan produktivitas karyawan melalui kepemimpinan yang melayani, budaya organisasi, dan kepuasan kerja karyawan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan yang melayani, budaya organisasi, kepuasan kerja, keterlibatan karyawan, produktivitas
Subjects: Organisasi
Gaya Kepemimpinan
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 09 Jul 2025 09:44
Last Modified: 09 Jul 2025 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum