Khofifah, NIM.: 23204021033 (2025) NILAI-NILAI BUDAYA DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PESANTREN UMMUSSHABRI KENDARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (NILAI-NILAI BUDAYA DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PESANTREN UMMUṢṢHABRI KENDARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL)
23204021033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (18MB) | Preview |
|
|
Text (NILAI-NILAI BUDAYA DALAM BUKU TEKS BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH PESANTREN UMMUṢṢHABRI KENDARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL)
23204021033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai budaya dalam buku teks bahasa Arab Madrasah Aliyah Pesantren Ummuṣṣhabri Kendari perspektif pendidikan multikultural. Jenis penelitian yakni kualitatif deskriptif dengan content analysis. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakuan dengan cara reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan tiga macam triangulasi, triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Urgensi nilai-nilai budaya dalam buku teks bahasa Arab Madrasah Aliyah Pesantren Ummuṣṣhabri Kendari yakni, bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi, tetapi juga sarana untuk memahami budaya dan ajaran Islam. Nilainilai budaya lokal terdapat pada tema perkenalan, keluarga, sekolah, kegiatan sehari-hari, hobi, makanan dan minuman. Sedangkan, nilai-nilai budaya nasional pada tema belanja, kesehatan, agama di Indonesia, dan belajar di perguruan tingi. Nilai-nilai budaya global terdapat pada tema perjalanan dan pariwisata, Haji dan Umroh, teknologi informasi dan komunikasi, serta tema olahraga, pemuda, Syiir Arab, dan peradaban Islam. Nilai-nilai budaya yang diintegrasikan yakni dimensi power distance indeks, individualism versus kolektivisme, uncertainty avoidance index, masculinity versus feminity, long term orientation, indulgence versus restraint. Hasil penelitian perspektif pendidikan multikultural menunjukkan bahwa content integration, prejudice reduction, an empowering school culture and social structure, knowledge contructions, dan an equity pedagogy. Implikasi dari penelitian terhadap pengembangan buku teks yakni perlu adanya perluasan konten agar budaya Sulawesi Tenggara dapat terwakili dalam buku teks bahasa Arab Madrasah Aliyah Pesantren Ummuṣṣhabri Kendari.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. H. Maksudin, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab, Buku Teks, Multikultural, Nilai-Nilai Budaya |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 09 Jul 2025 15:12 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 15:12 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71737 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
