Puput Nurhayati, NIM.: 23204031002 (2025) STRATEGI PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL DAN EXECUTIVE FUNCTION MELALUI PROGRAM MARKET DAY ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STRATEGI PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL DAN EXECUTIVE FUNCTION MELALUI PROGRAM MARKET DAY ANAK USIA DINI)
23204031002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
|
|
Text (STRATEGI PENANAMAN KEMAMPUAN LITERASI FINANSIAL DAN EXECUTIVE FUNCTION MELALUI PROGRAM MARKET DAY ANAK USIA DINI)
23204031002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman pentingnya kemampuan literasi finansial seharusnya dikenalkan kepada anak sejak usia dini bersamaan dengan pengembangan executive function, yang mencakup keterampilan kognitif anak seperti perencanaan, pemecahan masalah, dan pengendalian diri. Kedua hal ini dapat membentuk pembiasaan anak dalam mengelola keuangan dan pengambilan keputusan finansial secara bijak. Di Indonesia terdapat peningkatan literasi finansial, namun masih terdapat kesenjangan antara literasi dan inklusi keuangan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemahaman dan penanaman literasi finansial dan kemampuan executive function secara tepat. Tujuan penelitian untuk meneliti strategi penanaman literasi finansial dan kemampuan eksekutif function melalui program Market Day anak usia dini. Jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelompok A dan B di TK AGFA School Ponorogo usia 4-6 tahun sebanyak 49 orang siswa, 2 orang guru kelas dan 3 orang tua. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman terdiri 4 tahapan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan tahap terakhir penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data primer yaitu narasumber guru, narasumber siswa, narasumber orang tua dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, guru menerapkan strategi penanaman literasi finansial dan kemampuan executive function melalui pengalaman langsung dalam program Market Day, antara lain menggunakan video edukatif, seni dan kreativitas anak, demonstrasi, bermain peran, kunjungan luar sekolah (ke minimarket), menggunakan media yang menarik, dan projek celengan mingguan. Kedua, implikasi program ini berdampak terhadap pemahaman anak mengenai konsep ekonomi dasar, serta pengembangan kemampuan executive function, terutama dalam pengambilan keputusan, regulasi emosi, tanggung jawab dan kemandirian. Ketiga, kelebihan program ini terletak pada pendekatan pembelajaran kontekstual yang melibatkan anak secara aktif dan holistik. Kekurangan program ini terdapat tantangan, diantaranya perbedaan usia dan kemampuan anak, serta kurangnya keterlibatan sebagian orang tua.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. Erni Munastiwi, MM |
| Uncontrolled Keywords: | literasi finansial; executive function; market day; anak usia dini |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374.012 4 Pendidikan dan Literasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 15:27 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 15:27 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71781 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
