Ahmad Rizki Ramadhan, NIM.: 23204021037 (2025) PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTsN 07 SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTsN 07 SLEMAN YOGYAKARTA)
23204021037BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MTsN 07 SLEMAN YOGYAKARTA)
23204021037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan utama pada penelitian ini terletak pada minat dan hasil belajar siswa kelas 7 di MTs Negeri 07 Sleman Yogyakarta. Rasa bosan mempengaruhi nilai belajar, meskipun pendidik telah menerapkan media pembelajaran digital, namun belum optimal. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan konstruktivisme pada minat dan hasil belajar siswa MTsN 07 Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan berupa Research and Development dengan menerapkan model pengembangan ADDIE meliputi tahapan analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ialah siswa kelas VII B MTsN 07 Sleman Yogyakarta, dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Efektivitas produk pada hasil belajar diuji melalui perhitungan SPSS 25, meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, paired sample t-test, dan N-Gain. Sedangkan menilai minat belajar siswa melalui penggunan produk, dilaksanakan sebaran angket kepuasan siswa dalam belajar bahasa Arab menggunakan produk website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk website pembelajaran Yadayya.site melalui pendekatan konstruktivisme dirancang sebagai media pembelajaran kelas terhadap peningkatan minat dan hasil belajar siswa secara efektif dan optimal. (2) Hasil uji paired sample t-test dengan mendapatkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, menunjukkan efektivitas website pada pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, uji N-gain mendapati persentase 58,61%dengan kategori “cukup” efektif pada hasil belajar siswa. Hasil sebaran angket minat kepada siswa mendapati persentase 78%, sehingga terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah penggunaan produk.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, M.S.I |
| Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; minat; pendekatan konstruktivisme; website pembelajaran |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.77 Pendidikan Bahasa Arab |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 13:43 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 13:43 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71821 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
