PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN MULTIMODAL UNTUK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Boby Bagas Purnama, NIM.: 23204021017 (2025) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN MULTIMODAL UNTUK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN MULTIMODAL UNTUK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025)
23204021017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN MULTIMODAL UNTUK SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN TAHUN AJARAN 2024/2025)
23204021017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Boby Bagas Purnama. Pengembangan Modul Bahasa Arab dengan Pendekatan Multimodal untuk Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Tahun Ajaran 2024/2025. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2025. Penggunaan buku ajar Bahasa Arab yang kurang kontekstual, minim multimodalitas, serta tidak sesuai dengan kebutuhan siswa MTsN 10 Sleman mendorong perlunya pengembangan modul pembelajaran yang lebih adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan mengevaluasi efektivitas modul ajar Bahasa Arab dengan pendekatan multimodal bagi siswa kelas VIII. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, penyebaran angket, serta tes hasil belajar. Validasi kelayakan modul dilakukan oleh enam validator yang terdiri dari tiga ahli materi dan tiga ahli desain, sedangkan pengujian efektivitas modul dilaksanakan melalui eksperimen semu menggunakan desain pre-test and post-test control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan modul hasil pengembangan dan kelas kontrol yang tidak menggunakannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata kelayakan antara 3,7 untuk desain dan 3,64 untuk materi, yang dikategorikan sangat layak. Analisis independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,003, yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selain itu, rata-rata nilai N-Gain di kelas eksperimen mencapai 0,4802 (kategori sedang), sementara kelas kontrol hanya memperoleh 0,0726 (kategori rendah). Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan modul ajar Bahasa Arab dengan pendekatan multimodal secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan berpotensi menjadi solusi inovatif dalam pengembangan bahan ajar di lingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Muhajir, S.Pd.I., M.SI.
Uncontrolled Keywords: modul ajar; Bahasa Arab; multimodal
Subjects: 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.78 Bahasa Arab - Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Jul 2025 15:50
Last Modified: 14 Jul 2025 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71822

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum