PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL PADA MAHARAH QIRA'AH SISWA MAN 1 METRO LAMPUNG

Luthfi Qolbi Azzahra, NIM.: 23204021023 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL PADA MAHARAH QIRA'AH SISWA MAN 1 METRO LAMPUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL PADA MAḤĀRAH QIRĀ'AH SISWA MAN 1 METRO LAMPUNG)
23204021023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL PADA MAḤĀRAH QIRĀ'AH SISWA MAN 1 METRO LAMPUNG)
23204021023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Metode pembelajaran yang monoton dan berpusat pada buku LKS menjadi faktor utama problematika ini. Selain itu, pembelajaran saat ini menuntut adanya integrasi dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengembangan dan Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Komik Digital pada Maḥārah Qirā'ah Siswa MAN 1 Metro Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (analisis), Desain (rancangan), Development (mengembangkan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Pengujian kelayakan komik digital dilakukan dengan meminta saran kepada ahli materi dan ahli media. Adapun untuk mengetahui efektivitas aplikasi, peneliti mengimplementasikan pada 30 siswa kelas X.11 MAN 1 Metro Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi, wawancara, dan angket. Data berupa angka akan dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain Score dengan bantuan IBM SPSS 26. Berdasarkan tahapan tersebut hasil dari penelelitian ini adalah 1) Produk komik digital (ArabiCom) yang dikembangkan dengan bantuan pixton web. Komik digital ini terdiri dari 3 tema materi semester genap kelas X Madrasah Aliyah dan dikembangkan menjadi 3 judul cerita komik. Cerita pada komik digital disajikan secara bentuk flip book agar menarik. 2) Peneliti menguji efektivitas komik digital dengan menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai sig. (2.-tailed) pre-test dan post-test sebesar 0,000 yang mana < 0,05, yang mana Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan komik digital. Demikian juga dengan hasil uji N-Gain dengan hasil rata-rata 0,67 yang artinya termasuk dalam kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan komik digital pada pembelajaran maḥārah qirā'ah bahasa Arab cukup efektif untuk menunjang hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi maḥārah qirā'ah bahasa Arab dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam merancang media pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap maḥārah qirā'ah bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Agung Setiyawan, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; maharah al-Qira'ah; komik digital
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jul 2025 08:20
Last Modified: 16 Jul 2025 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum