Muzawir Munawarsyah, NIM.: 23204011081 (2025) HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI PREFERENSI BEKERJA DAN MINAT BELAJAR SISWA DI MA NURUL MUTTAHIDAH PINOTU: EXPLANATORY SEQUENTIAL MIXED METHOD DESIGN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI PREFERENSI BEKERJA DAN MINAT BELAJAR SISWA DI MA NURUL MUTTAHIDAH PINOTU: EXPLANATORY SEQUENTIAL MIXED METHOD DESIGN)
23204011081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI PREFERENSI BEKERJA DAN MINAT BELAJAR SISWA DI MA NURUL MUTTAHIDAH PINOTU: EXPLANATORY SEQUENTIAL MIXED METHOD DESIGN)
23204011081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh preferensi bekerja dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar PAI, (2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi bekerja siswa dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar PAI, dan (3) Untuk menjelaskan dampak preferensi bekerja dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar PAI siswa di MA Nurul Muttahidah Pinotu. Penelitian ini menggunakan penelitian campuran dengan explanatory sequential mixed method design (kuantitatif - kualitatif). Penelitian ini di laksanakan pada bulan Juli 2024 sampai Januari 2025. Subjek penelitian kuantitatif ialah siswa MA Nurul Muttahidah Pinotu. Dengan sampel sebanyak 80 siswa dari jumlah populasi keseluruhan 140 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket untuk data preferensi bekerja (X1) dan minat belajar (X2). Dokumen nilai rapor ujian akhir semester ganjil siswa untuk variabel hasil belajar (Y). Analisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif, dan regresi ganda. Analisis data dilakukan dengan SPSS for windows version 22. Adapun Subjek penelitian kualitatif ialah wakil kepala madrasah dan empat orang guru Pendidikan Agama Islam (Al-Quran Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih, dan SKI). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pendukung, dianalisis dengan menggunakan teknik John W. Creswell. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Berdasarkan analisis kuantitatif, preferensi bekerja (X1) berpengaruh negatif terhadap hasil belajar (Y), minat belajar (X2) berpengaruh positif terhadap hasil belajar PAI. Secara simultan preferensi dan minat berlajar berpengaruh terhadap hasil belajar PAI dengan persamaan regresi Y= 81,206 – 0,0125 X1 + 0,039 X2. (2) Penelitian kualitatif memperkuat hasil uji statistik bahwa preferensi bekerja menurunkan hasil belajar siswa, dipengaruhi dengan beberapa faktor-faktor, yaitu: (a) Faktor kurangnya dukungan lingkungan sosial; (b) faktor kurangnya peran orang tua; (c) Faktor minimnya fasilitas pembelajaran di madrasah; (d) Faktor kurikulum dan kebijakan madrasah kurang optimal. (3) Dampak dari preferensi bekerja dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar PAI, antara lain: (a) Preferensi bekerja menurunkan minat belajar PAI siswa; (b) preferensi bekerja mempengaruhi kehadiran siswa; (c) preferensi bekerja siswa mempengaruhi hasil belajar PAI. Hal ini menyebabkan ketimpangan antara pencapaian keterampilan fisik dan penguasaan materi keagamaan.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I. |
| Uncontrolled Keywords: | minat belajar; preferensi bekerja; hasil belajar |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 16 Jul 2025 08:34 |
| Last Modified: | 16 Jul 2025 08:34 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71870 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
