EFEKTIVITAS METODE MEMBACA BUKU CERITA DALAM MENINGKATKAN PROSES BERPIKIR KRITIS DAN KEPEKAAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI

Anisatul Fuadah, NIM.: 23204031009 (2025) EFEKTIVITAS METODE MEMBACA BUKU CERITA DALAM MENINGKATKAN PROSES BERPIKIR KRITIS DAN KEPEKAAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE MEMBACA BUKU CERITA DALAM MENINGKATKAN PROSES BERPIKIR KRITIS DAN KEPEKAAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI)
23204031009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE MEMBACA BUKU CERITA DALAM MENINGKATKAN PROSES BERPIKIR KRITIS DAN KEPEKAAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI)
23204031009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini yang perlu ditumbuhkan sejak dini. Namun, dalam praktik pendidikan di lapangan, kedua aspek ini sering kali belum mendapatkan perhatian yang optimal. Anak-anak masih cenderung mengalami kesulitan dalam menganalisis situasi, mengajukan pertanyaan, serta merespons kondisi sosial di sekitarnya secara empatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode membaca buku cerita dalam meningkatkan proses berpikir kritis dan kepekaan sosial pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen yang dilaksanakan di Banjar Timur, Gapura, Sumenep, Madura, dengan total 25 anak yang berusia 5-6 tahun sebagai sampel, terdiri dari 10 anak dalam Kelas kontrol dan 15 anak dalam Kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa kegiatan membaca buku cerita yang dipilih berdasarkan danhasil pre-test yang dirancang untuk menstimulasi keterampilan berpikir kritis dan kepekaan sosial. Pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS dengan teknik analisis meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, paired sample t-test, dan N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode membaca buku cerita cukup efektif meningkatkan kemampuan anak, dengan rata-rata N-Gain berpikir kritis sebesar 0,5020 dan kepekaan sosial sebesar 0,5903, keduanya berada pada kategori sedang. Sementara itu, hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 (p < 0,05) yang menandakan terdapat perbedaan yang signifikan antara Kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, metode membaca buku cerita dapat digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang bermanfaat dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kepekaan sosial anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Raden Rachmy Diana, S.Psi., M.A., Psi.
Uncontrolled Keywords: metode membaca; buku cerita; berpikir kritis; kepekaan sosial
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jul 2025 14:44
Last Modified: 16 Jul 2025 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum