PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PILIHAN GANDA BERTINGKAT PADA KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Fathunnajih., NIM.: 23204011023 (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PILIHAN GANDA BERTINGKAT PADA KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PILIHAN GANDA BERTINGKAT PADA KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
23204011023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PILIHAN GANDA BERTINGKAT PADA KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
23204011023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills atau HOTS) merupakan kemampuan esensial dalam merespons dinamika abad ke-21 dan era Society 5.0, yang menuntut peserta didik untuk mampu berpikir kritis, analitis, evaluatif, serta kreatif dalam menyelesaikan permasalahan kompleks. Pendidikan Agama Islam (PAI), sebagai mata pelajaran yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif tetapi juga pada nilai-nilai spiritual dan moral, memiliki potensi strategis dalam mengembangkan keterampilan tersebut. Namun demikian, berbagai temuan penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa instrumen asesmen dalam PAI masih dominan mengukur ranah kognitif tingkat rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pilihan ganda bertingkat yang dirancang secara khusus untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran PAI di jenjang SMP. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis kualitas instrumen berdasarkan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, serta mengkaji respons peserta didik terhadap penggunaan instrumen tersebut. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pilihan ganda bertingkat guna mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil analisis menggunakan Model Rasch menunjukkan bahwa instrumen memiliki validitas yang memadai, ditandai dengan nilai Outfit MNSQ berada dalam rentang toleransi (0,5–1,5), Z-standardized fit statistic (ZSTD) dalam batas yang dapat diterima (–2,0 hingga +2,0), serta Point Measure Correlation (PT Measure Corr.) berkisar antara 0,4 hingga 0,85. Dari aspek reliabilitas, instrumen menunjukkan peningkatan progresif: Item Reliability sebesar 0,55 pada uji coba kecil, meningkat menjadi 0,90 pada uji coba menengah, dan mencapai 0,93 pada uji coba lapangan; Person Reliability meningkat dari 0,40 menjadi 0,92; serta nilai Cronbach’s Alpha mengalami peningkatan dari 0,45 menjadi 0,94. Distribusi tingkat kesukaran butir soal pada uji skala besar menunjukkan proporsi yang seimbang, yaitu 2,5% sangat mudah, 30% mudah, 27,5% sedang, 32,5% sulit, dan 7,5% sangat sulit. Instrumen juga memiliki daya beda yang baik dan mampu mengelompokkan peserta didik ke dalam tiga hingga lima kategori kemampuan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Hj. Siti Fatonah, S.Pd., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skills (HOTS); assessment instrument; Research and Development (R&D); Rasch Model
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.2 Pendidikan - Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Jul 2025 14:59
Last Modified: 16 Jul 2025 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum