Reni Puspita Sari, NIM.: 23204011064 (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA UNTUK MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK DI SMKN 2 DEPOK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA UNTUK MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK DI SMKN 2 DEPOK)
23204011064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
|
|
Text (STRATEGI GURU PAI DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA UNTUK MEMBANGUN KESADARAN MULTIKULTURAL PESERTA DIDIK DI SMKN 2 DEPOK)
23204011064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Nilai-nilai moderasi beragama merupakan nilai yang sangat penting diajarkan oleh guru PAI kepada peserta didik agar bersikap moderat dan menghargai perbedaan. Penelitian ini fokus pada Strategi Guru PAI dalam Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama untuk Membangun Kesadaran Multikultural Peserta Didik di SMKN 2 Depok. Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik di SMK N 2 Depok; 2) Apa saja permasalahan yang dihadapi guru PAI dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama di SMK N 2 Depok; 3) Bagaimana keberhasilan strategi guru PAI dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap kesadaran multikultural peserta didik di SMK N 2 Depok. SMKN 2 Depok merupakan salah satu sekolah percontohan moderasi beragama pada tingkat menengah di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan studi kasus yang menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan pedagogis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI di SMKN 2 Depok dan peserta didik yang berbeda-beda agama sebagai subjek pendukung. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan dan verifikasi kesimpulan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam internalisasi nilainilai moderasi beragama untuk membangun kesadaran multikultural peserta didik adalah dengan pendekatan kelompok, pendekatan edukatif, metode nasehat, metode pembiasaan dan metode contoh teladan. Proses internalisasi berlangsung dengan cara transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Permasalahan yang dihadapi guru PAI berasal dari dua faktor yakni internal yang berasal dari diri peserta didik dan eksternal yang berasal dari lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Keberhasilan strategi guru PAI dalam internalisasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap kesadaran multikultural peserta didik ialah terwujudnya karakter peserta didik yang Tasāmuḥ, Tawāzun, Musāwāh dan Iʻtidāl dalam menjalani kehidupan masyarakat dengan penganut agama, suku, ras lain.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Prof. Dr. H. Mahmud Arif, M.Ag. |
| Uncontrolled Keywords: | Guru PAI; internalisasi nilai; moderasi beragama; kesadaran multikultural |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya (Moderasi Beragama) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) |
| Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 10:27 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 10:27 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71914 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
