IMPLEMENTASI METODE TALQIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK DI TK MASYITHOH PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA

Isfi Zahroum Mu’ashomah, NIM.: 21104030065 (2025) IMPLEMENTASI METODE TALQIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK DI TK MASYITHOH PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE TALQIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK DI TK MASYITHOH PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA)
21104030065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE TALQIN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT PENDEK DI TK MASYITHOH PALBAPANG BANTUL YOGYAKARTA)
21104030065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghafal di kalangan anak usia dini, banyak hal yang perlu diperhatikan dalam upaya meningkatkan kemampuannya. Salah satu upaya dalam meningkatkannya adalah dengan memberikan metode yang sesuai untuk penyelesaian masalahnya. Masalah yang di hadapi dalam penerapan metode talqin pada anak usia dini antara lain kurangnya fokus anak dalam mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi fokus anak dalam pembelajaran yaitu dengan memilih metode yang sesuai dengan karakteristik anak. Metode talqin dipilih karena pelaksanaannya dengan cara mendiktekkan dan menirukan kembali bacaan anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu meningkatkan kemampuan menghafal anak lewat pengunaaan metode talqin. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru pengampu yang berasal dari luar sekolah. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Talqin Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat Pendek di TK Masyithoh Palbapang Bantul Yogyakarta dilakukan melalui 2 tahap. Tahap yang pertama klasikal dan tahap yang kedua individu atau sorogan. Klasikal dilakukan di awal pembelajaran berada di dalam kelas dan dibaca secara bersama-sama. Langkah yang dilakukan dalam pembelajaran klasikal pertama pembukaan lalu guru membacakan terlebih dahulu ayat surat pendek kemudian anak bersama-sama menirukan sesuai dengan yang dibacakan guru. Sedangkan untuk tahap sorogan individu dilakukan dengan anak menghafal sendiri di hadapan guru untuk menguji kemampuan anak. Dalam kegiatan menghafal di TK Masyithoh pastinya mengalami banyak kendala, salah satunya fokus anak yang masih terbagi antara setoran hafalan dengan bermain. Hal itu yang menyebabkan menurunnya kemampuan yang dimiliki anak. Namun hal tersebut wajar, karena dunia anak memang bermain jadi solusi yang diberikan adalah membuat kegiatan menghafal dengan diselingi dengan permainan atau bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: H. Suismanto., M.Ag
Uncontrolled Keywords: metode talqin; kemampuan menghafal; anak usia dini
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Jul 2025 14:26
Last Modified: 17 Jul 2025 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum