Asesmen Inovatif untuk PAUD

Kulsum Nur Hayati, - and Indrawati, - and Hadijah, - and David Triatna, - and Aulia Rahmi, - and Tri Susanti, - (2024) Asesmen Inovatif untuk PAUD. PT Cipta Gadhing Artha, Jakarta. ISBN 978-623-369-209-0

[img]
Preview
Text (Asesmen Inovatif untuk PAUD)
Asesmen Inovatif Untuk PAUD.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1752820592.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dan asesmen merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Pembelajaran merupakan proses yang bertujuan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan asesmen merupakan proses pengumpulan informasi tentang kemajuan belajar siswa. Di dunia pendidikan anak usia dini, kemajuan belajar siswa ini biasa disebut sebagai pertumbuhan dan perkembangan anak. Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen dapat dilihat dari beberapa aspek berikut: 1) Asesmen merupakan bagian integral dari pembelajaran. Asesmen dilakukan untuk memberikan informasi kepada guru tentang kemajuan belajar siswa. Informasi ini dapat digunakan oleh guru untuk memperbaiki proses pembelajaran agar siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran; 2) Asesmen dapat digunakan untuk menentukan tujuan pembelajaran. Dengan melakukan asesmen awal, guru dapat mengetahui kemampuan awal siswa. Informasi ini dapat digunakan oleh guru untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang realistis dan sesuai dengan kebutuhan siswa; 3) Asesmen dapat digunakan untuk merancang pembelajaran. Dengan mengetahui kemampuan awal siswa, guru dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, hasil asesmen juga dapat digunakan oleh guru untuk menentukan strategi pembelajaran yang tepat; 4) Asesmen digunakan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Hasil asesmen dapat memberikan informasi kepada guru apakah siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Jika hasil asesmen menunjukkan bahwa siswa belum mencapai tujuan pembelajaran, maka guru dapat melakukan revisi terhadap proses pembelajaran; 5) Hasil asesmen dapat memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan belajar mereka. Umpan balik ini dapat digunakan oleh siswa untuk memperbaiki proses belajar mereka. Keterkaitan antara pembelajaran dan asesmen tersebut, menunjukkan bahwa asesmen merupakan bagian penting dari pembelajaran. Asesmen yang dilakukan secara tepat dapat membantu guru untuk memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna bagi siswa. Buku ini mengupas secara mendalam tentang konsep dasar asesmen untuk pendidikan anak usia dini, pembelajaran dan asesmen, serta bagaimana teknik penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Asesmen, PAUD
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372.21 Pendidikan Pra Sekolah/Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Buku
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 18 Jul 2025 13:44
Last Modified: 18 Jul 2025 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/71967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum