PENERAPAN HAK KONSUMEN ATAS KEAMANAN DAN KENYAMANAN DI WARUNG KOPI GENK YOGYAKARTA

Ajeng Anggayasti Maharani, NIM.:20103080111 (2025) PENERAPAN HAK KONSUMEN ATAS KEAMANAN DAN KENYAMANAN DI WARUNG KOPI GENK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN HAK KONSUMEN ATAS KEAMANAN DAN KENYAMANAN DI WARUNG KOPI GENK YOGYAKARTA)
20103080111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN HAK KONSUMEN ATAS KEAMANAN DAN KENYAMANAN DI WARUNG KOPI GENK YOGYAKARTA)
20103080111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 menjamin hak konsumen untuk memperoleh produk atau jasa yang aman digunakan, selain itu konsumen juga harus dilindungi undang-undang. Pertumbuhan bisnis minuman semakin meningkat, salah satunya kedai kopi yang sangat populer di Yogyakarta khususnya daerah Yogyakarta. Di Yogyakarta sendiri terdapat beberapa kedai kopi antara lain Kopas, Kopi PakPho, Kopi Genk, SangKopas, Blandongan, Basa Basi Sorowajan. Pemilik usaha tidak hanya menjual kopi saja, namun juga menjual suasana kedai kopi yang nyaman untuk berdiskusi dan bersantai. Namun di sisi lain, di kedai kopi Genk ini ada beberapa hal yang mendesak atau menarik yang perlu lebih diperhatikan, seperti terlalu banyak pengamen yang keluar masuk, kebersihan area yang kurang, perbedaan rasa, jam operasional yang tidak konsisten, dan lain-lain. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis normatif, yaitu metode penelitian hukum yang dilakukan dengan cara mengkaji bahan pustaka atau data sekunder sebagai bahan dasar penelitian. Penelitian ini juga menggunakan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian di lapangan yang disebut responden. Hasil penelitian menunjukkan masih banyak ketimpangan dalam implementasi hak-hak konsumen sebagaimana diatur dalam UUPK No. 8 Tahun 1999. Meski kedai kopi di Umbulharjo telah berupaya memberikan suasana nyaman bagi konsumen, namun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan untuk memenuhi standar perlindungan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Ratnasari Fajariya Abidin S.H. M.H.,
Uncontrolled Keywords: hak konsumen; yuridis normatif; perlindungan konsumen
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 343.071 Perlindungan Konsumen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Jul 2025 11:18
Last Modified: 21 Jul 2025 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum