IMPLEMENTASI TOTAL QUALITYMANAGEMENT (TQM) PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) ‘AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA

Hasyim Arsyad, NIM.: 20102040045 (2025) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITYMANAGEMENT (TQM) PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) ‘AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TOTAL QUALITYMANAGEMENT (TQM) PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) ‘AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA)
20102040045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TOTAL QUALITYMANAGEMENT (TQM) PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI DAN UMRAH (KBIHU) ‘AISYIYAH KOTA YOGYAKARTA)
20102040045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas merupakan hal yang membedakan antara kesuksesan dan kegagalan. Sehingga kualitas jelas sekali menjadi pokok yang akan menjamin perkembangan institusi dalam meraih status di tengah tengah persaingan yang keras. TQM melibatkan seluruh anggota organisasi dalam upaya mencapai kepuasan pelanggan melalui peningkatan kualitas produk dan layanan secara terus-menerus. Penerapan TQM di KBIHU diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan bimbingan haji dan umrah sehingga dapat lebih memenuhi kebutuhan dan harapan jemaah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah, Miles, huberman dan Saldana yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan penegasan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu triangulasi metode pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa KBIHU ‘Aisyiyah mengimplementasikan Total Quality Management dengan menerapkan sepuluh karakteristik Total Quality Management yaitu fokus pada pelanggan, memiliki obsesi yang tinggi dalam kualitas, menggunakan pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, komitmen jangka panjang, kerja sama tim, perbaikan secara berkesinambungan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, memberikan kebebasan yang terkendali, memiliki kesatuan tujuan dan adanya keteribatan dan pemberdayaan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Achmad Muhammad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management, KBIHU, Karakteristik TQM
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.352 Manajemen Haji-Umroh
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2025 14:15
Last Modified: 22 Jul 2025 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum