IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA MATERI POKOK TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 (Berdasakan Standar Isi)

AIDYATUR ROZIQOWATI, NIM. 08670073 (2013) IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA MATERI POKOK TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 (Berdasakan Standar Isi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA MATERI POKOK TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 (Berdasakan Standar Isi) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA SISWA (LKS) KIMIA MATERI POKOK TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING (CL) TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK SMA/MA KELAS XI SEMESTER 1 (Berdasakan Standar Isi) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui hasil implementasi LKS Teori Atom Bohr dan Mekanika Kuantum terhadap motivasi dan prestasi siswa kelas XI SMA Kolombo tahun ajaran 2012/2013, dan mengetahui hasil implementasi LKS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK).Desain penelitian yang digunakan adalah desain yang diadopsi dari model spiral Kemmis & Taggart selama dua siklus melalui empat tahapan, yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI- IPA SMA Kolombo Depok Sleman yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data penelitian berupa hasil observasi belajar belajar siswa, hasil angket motivasi, dan hasil angket tanggapan siswa yang dianalisis menggunakan rumus persentase , dan data hasil belajar siswa berupa pretest dan posttest dianalisis dengan membandingkan rerata nilai pre-test dan post-test dari siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: implememntasi LKS dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Kolombo pada materi pokok teori atom Bohr dan mekanika kuantum. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase rata-rata hasil observasi belajar siswa sebesar 80,07% pada siklus I menjadi 8197% pada siklus II, hasil angket motivasi meningkat dari 79,13% pada siklus I menjadi 80,64% pada siklus II, serta hasil pre-tes siklus I sebesar 67,04 meningkat menjadi 77,30 siklus II, dan post-test siklus I sebesar 76,52 meningkat menjadi 83,30 pada siklus II, dengan nilai rata-rata sebesar 77. Implementasi LKS melalui penerapan model pembelajaran tipe TGT cukup efektif dan mendapat respon positif dari siswa. Hal ini terbukti dari hasil angket tanggapan siswa terhadap penggunaan LKS meningkat dari 70,01% pada siklus I menjadi 70,79% pada siklus II, dan hasil angket tanggapan terhadap TGT meningkat dari 75,65% pada siklus I menjadi 77,97% pada siklus II.. Kata Kunci: implementasi LKS, model pembelajaran tipe TGT, angket motivas,i angket tanggapan siswa, dan hasil belajar kimia (pre test & posst test).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Kimia
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Apr 2013 20:39
Last Modified: 27 Jul 2018 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum