Vindy Antia, NIM.: 21104040036 (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BAKPIA YOGYAKARTA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BAKPIA YOGYAKARTA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA)
21104040036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
|
|
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS BAKPIA YOGYAKARTA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI STATISTIKA)
21104040036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konteks Bakpia Yogyakarta untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi statistika yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Selain itu penelitian ini menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konteks Bakpia Yogyakarta yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi statistika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba pada penelitian ini meliputi dua dosen pendidikan matematika sebagai validator, pendidik matematika sebagai validator dan penilai kepraktisan LKPD yang dikembangkan dari segi pendidik, serta peserta didik kelas IX E MTs Negeri 9 Bantul. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi, lembar angket keterbacaan LKPD, lembar angket respon peserta didik dan pendidik, serta lembar tes kemampuan pemecahan masalah. Lembar validasi terdiri dari lembar validasi LKPD, modul ajar, angket respon pendidik dan peserta didik, serta tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan validasi ahli dengan perolehan memperoleh persentase kevalidan sebesar 86,94%. Sementara itu, hasil perhitungan angket respon pendidik dan peserta didik juga menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis yaitu memperoleh persentase kepraktisan pendidik sebesar 82,14% dan persentase kepraktisan peserta didik sebesar 82,16%. Selain valid dan praktis, LKPD yang dikembangkan juga dinyatakan efektif dengan memperoleh persentase keefektifan sebesar 66%. Dengan demikian, LKPD berbasis Problem based Learning dengan konteks Bakpia Yogyakarta untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi statistika telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd. I., M.Sc. |
| Uncontrolled Keywords: | LKPD, PBL, Konteks Bakpia Yogyakarta, Kemampuan Pemecahan Masalah |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 09:04 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 09:04 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72117 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
