PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MEDIA DIGITAL PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO DEPOK

Dian Masrura, NIM.: 23042021005 (2025) PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MEDIA DIGITAL PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO DEPOK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MEDIA DIGITAL PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO DEPOK)
23204021005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MATERI BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MEDIA DIGITAL PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO DEPOK)
23204021005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan terhadap media pembelajaran digital Maharah Qira‟ah dengan pendekatan kontekstual di kelas X SMK Diponegoro Depok. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan siswa dalam melafalkan, menerjemahkan dan memahami teks bahasa Arab serta kurangnya materi ajar dengan pendekatan kontekstual yang relevan dengan kebutuhan kejuruan otomotif. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan materi bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual dalam media pembelajaran digital Maharah Qira‟ah yang bertujuan untuk: 1) Mendesain materi bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual dalam media pembelajaran digital maharah qira‟ah. 2) Mengetahui hasil uji kelayakan pengembangan materi bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual dalam media pembelajaran digital maharah qira‟ah. 3) Mengetahui efektivitas materi bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual dalam media pembelajaran digital maharah qira‟ah siswa kelas X SMK Diponegoro Depok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang mengadopsi pendekatan kuantitatif. Proses uji kelayakan media pembelajaran digital, peneliti meminta saran dari ahli materi dan ahli media. Untuk mengukur efektivitas media pembelajaran digital, peneliti menggunakan desain eksperimen one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dokumentasi dan tes, kemudian analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 30, yang mencakup uji validitas, uji reliablitias, uji normalitas, uji Sample Paired T-test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengembangan materi bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual dalam media pembelajaran digital maharah qira‟ah ini menggunakan model ADDIE, yang meliputi tahap Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation. Pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran digital yang bernama Qira‟ah Automoto dan mengembangkan materi bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual. Pengembangan media pembelajaran digital ini memanfaatkan perangkat lunak Smart Apps Creator 3. Media pembelajaran ini dapat diakses menggunakan berbagai jenis perangkat, seperti handphone dan laptop. 2) Uji kelayakan media pembelajaran digital ini menunjukkan hasil rata-rata persentase 72% yang menyatakan layak dari ahli materi dan 92% yang menyatakan sangat layak dari ahli media. 3) Media pembelajaran digital ini terbukti efektif dalam meningkatkan maharah qira‟ah dengan hasil uji sample paired t-test sebesar <0,001 dan hasil uji N-Gain Score dengan nilai mean sebesar 0,7701 atau 77% dengan tafsiran nilai “efektfif”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Supervisor: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media Digital, Maharah Qira’ah, Pendekatan Kontekstual
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jul 2025 11:28
Last Modified: 24 Jul 2025 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/72131

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum